Tuesday 3 July 2018

Cara Mengatasi Hasil Print Tabel yang Tidak Lurus


Bagi kalian yang memiliki printer tetapi saat digunakan untuk mencetak garis namun garis yang dicetak tidak lurus seperti pada gambar di atas. Hal tersebut pasti sangat tidak enak dilihat apalagi untuk tugas kuliah seperti skripsi yang biasanya banyak terdapat tabel pada Bab IV. Pada postingan sekarang saya akan membahas tentang cara mengatasi hasil print tabel yang tidak lurus, printer yang saya maksud adalah printer dengan jenis printer suntik, namun tidak salahnya mencoba bagi printer kalian yang rusak adalah printer infus. Ada beberapa kemungkinan yang mungkin saja bisa terjadi, diantaranya sebagai berikut:
1. Mengubah Pengaturan Kualitas Cetak
Ubah pengaturan kualitas cetak dengan cara klik menu file kemudian plih menu Print yang dilingkari merah kemudian plih Print Properties.

Kemudian akan muncul gambar seperti di bawah ini selanjutnya ubah kualitas cetak dari "Standar" menjadi "Tinggi"
Dengan merubah kualitas cetak tersebut maka apabila catrid dan pita encoder dalam keadaan tidak rusak maka dapat dipastikan hasil cetakan tabel akan lurus. Namun dengan merubah kualitas tersebut akan membuat proses mencetak lebih lambat dan tinda yang digunakan sedikit boros. Hasil cetakan yang sudah benar akan lurus seperti gambar dibawah ini.
2. Membersihkan Pita Encoder
Pita encoder adalah pita bening yang membentang dibelakang catrid tinta, pita ini memiliki lebar sekitar 1 cm. Cara membersihkan pita encoder yaitu dengan cara membuka tutup printer dan memberisihkan pita encoder secara perlahan dari ujung kanan ke ujung kiri menggunakan tisu kering. Apabila pada pita encoder terdapat tinta atau bekas jari maka hasil cetakan garis yang tidak lurus disebabkan oleh pita encoder yang kotor.
3. Memeriksa Catrid
Dapat dipastikan apabila hasil pada cetakan tulisan tidak baik maka ada masalah dengan catrid, namun apabila hasil cetakan tulisan bagus maka untuk mengatasi hasil cetakan garis yang tidak lurus biasanya dapat diatasi dengan cara nomor 1 dan cara nomor 2. 

Sekian tips untuk mengatasi hasil cetak garis yang tidak lurus. semoga berhasil dan semoga bermanfaat :) Jangan lupa Share dan komentar yaa:)


No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"