Thursday 14 March 2019

RPP KELAS IV TEMA 1 SUBTEM 2 PEMBELAJARAN 6


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan   : SD 
Kelas / Semester      : IV (Empat) / I (Satu)
Tema                        : 1 (Indahnya Kebersamaan)
Subtema                   : 2 (Kebersamaan dalam Keberagaman)
Pembelajaran            : 6 (Enam)
Muatan Pelajaran      : PPKn, Bahasa Indonesia                               
Materi Pelajaran       :  Kegiatan kerjasama dalam keberagaman, meringkas teks bacaan.
Alokasi Waktu         : 6 x 35 Menit (1x Pertemuan)

A.      KOMPETENSI INTI
1.         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetagga.
3.         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.





                                                                                                 
B.       TUJUAN PEMBELAJARAN
1.         Dengan membaca teks tentang persahabatan Udin, Edo, dan Beni, peserta didik mampu mengidentifikasi kegiatan yang mencerminkan sikap kerjasama dalam keberagaman dengan benar.
2.         Dengan membaca teks tentang persahabatan Udin, Edo, dan Beni, peserta didik mampu menyebutkan kegiatan yang mencerminkan sikap kerjasama dalam keberagaman dengan benar.
3.         Dengan membaca teks tentang persahabatan Udin, Edo, dan Beni, peserta didik mampu menjelaskan kegiatan yang mencerminkan sikap kerjasama dalam keberagaman dengan benar.
4.         Dengan membaca teks tentang persahabatan Udin, Edo, dan Beni, peserta didik mampu menuliskan jawaban dari pertanyaan teks bacaan yang terdapat pada buku siswa dengan tepat.
5.         Dengan membaca teks tentang persahabatan Udin, Edo, dan Beni, peserta didik mampu menceritakan kegiatan yang mencerminkan sikap kerjasama dalam keberagaman agama dengan sistematis.
6.         Setelah membacaa teks tentang cerita “Perbedaan Bukanlah Penghalang”, peserta didik mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk membuat ringkasan secara terstruktur.
7.         Setelah membaca teks tentang cerita “Perbedaan Bukanlah Penghalang”, peserta didik mampu menjelaskan tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk membuat ringkasan dengan jelas.
8.         Setelah membaca teks tentang cerita “Perbedaan Bukanlah Penghalang”, peseta didik mampu membuat ringkasan teks tulis berdasarkan gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan benar.
9.         Setelah berdiskusi dengan kelompok, peserta didik mampu mempresentasikan hasil diskusi tentang ringkasan dari teks bacaan “Perbedaan Bukanlah Penghalang” dengan sistematis.




C.      KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR
       PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator
3.4.   Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4.1.   Mengidentifikasi kegiatan yang mencerminkan sikap kerjasama dalam keberagaman.
3.4.2.   Menyebutkan kegiatan yang mencerminkan sikap kerjasama dalam keberagaman.
3.4.3.   Menjelaskan kegiatan yang mencerminkan sikap kerjasama dalam keberagaman.
4.4.   Menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4.1.   Menuliskan jawaban dari pertanyaan teks bacaan yang terdapat pada buku siswa.
4.4.2.   Menceritakan kegiatan yang mencerminkan sikap kerjasama dalam keberagaman.agama

Bahasa Indonesia
                       Kompetensi Dasar
Indikator
3.1.   Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
3.1.1.   Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk membuat ringkasan.
3.1.2.   Menjelaskan tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk membuat ringkasan.
4.1.   Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan.
4.1.1.   Membuat ringkasan teks tulis berdasarkan gagasan pokok dan gagasan pendukung.
4.1.2.   Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang ringkasan dari teks bacaan.

D.      MATERI PEMBELAJARAN
PPKn
1.         Kegiatan yang mencerminkan sikap kerjasama dalam keberagaman.
2.         Menceritakan kegiatan yang mencerminkan sikap kerjasama dalam keberagaman.
Bahasa Indonesia
3.         Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis.
4.         Menjelaskan gagasan utama dan gagasan pendukung.
5.         Meringkas teks berdasarkan gagasan pokok dan pendukung.

E.       PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1.         Pendekatan   : Saintifik (Scientific)
2.         Model           : Discovery Learning
3.         Metode         : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan

F.       MEDIA PEMBELAJARAN
Teks cerita “Perbedaan Bukanlah Penghalang”.
                                                                                   
G.      SUMBER BELAJAR
Afriki, dkk. (2017). Buku Guru Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hlm. 130-137.
Afriki, dkk. (2017). Buku Siswa Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hlm. 122-128.

H.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
Mengondisikan
1.      Peserta didik berdoa bersama-sama.
2.      Pendidik mengondisikan kelas serta mengecek kehadiran peserta didik.
3.      Peserta didik dibagi kedalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 peserta didik.
4.      Peserta didik menyanyikan Garuda Pancasila
Orientasi
5.      Pendidik menyampaikan kompetensi dan tujuan pembelajaran.
6.      Pendidik menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran bahwa hari ini mereka akan belajar tentang gagasan pokok dan pendukung, membuat ringkasan dari teks bacaan dan kegiatan yang mencerminkan kerjasama dalam keberagaman.
Apersepsi
7.      Pendidik mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman peserta didik dan dengan pelajaran sebelumnya.
Motivasi
8.      Pendidik memotivasi peserta didik melakukan tepuk semangat.
15 Menit
2
Inti
Stimulation (Stimulasi)
1.      Peserta didik diberikan soal pre test.
2.      Pendidik menampilkan teks bacaan tentang persahabatan Udin, Edo dan Beni.
3.      Peserta didik membaca teks bacaan tentang teks persahabatan Udin, Edo dan Beni.
4.      Peserta didik diminta mengamati gambar tentang bekerjasama dalam keberagaman.
5.      Peserta didik mengidentifikasi kegiatan yang mencerminkan sikap kerjsama dalam keberagaman.
6.      Peserta didik berdikusi dengan kelompok tentang bekerjasama dalam keberagaman.
7.      Peserta didik menjelaskan sikap bekerjasama dalam keberagaman.
Problem Statement (Identifikasi Masalah)
8.      Peserta didik diminta menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
9.      Peserta didik menuliskan  jawaban dari pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
10.  Peserta didik menceritakan secara tertulis pengalaman bekerjasama dengan teman yang berbeda agama atau asal daerah.
Data Collection (Pengumpulan Data)
5.      Peserta didik ditugaskan untuk memaparkan pengalaman bekerjasama dengan teman yang berbeda agama atau asal daerah.
6.      Peserta didik secara bergantian memafarkan pengalaman bekerjasama dengan teman yang berbeda agama atau asal daerah di depan kelas.
7.      Peserta didik diingatkan kembali tentang teks “Perbedaan Bukanlah Penghalang” pada pembelajaran sebelumnya.
8.      Peserta didik mengerjakan LKPD secara berkelompok dan mendiskusikan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk membuat ringkasan pada teks bacaan “Perbedaan Bukanlah Penghalang”.
9.      Peserta didik secara berkelompok menjelaskan tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk membuat ringkasan pada teks bacaan “Perbedaan Bukanlah Penghalang”
Data Processing (Pengolahan Data)
10.  Secara berkelompok peserta didik membuat ringkasan berdasarkan gagasan pokok dan gagasan pendukung.
11.  Peserta didik menuliskan hasil diskusi tentang ringkasan dari teks “Perbedaan Bukanlah Penghalang”.
12.  Pendidik membantu setiap kelompok yang mengalami kesulitan.
Verification (Pembuktian)
13.  Peserta didik mendiskusikan hasil ringkasannya dengan kelompoknya.
14.  Peserta didik juga mencocokan informasi yang diperloh dari temannya.
15.  Peserta didik saling memberi komentar dan saran positif.
Generalization (Menarik Kesimpulan)
16.  Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi di depan kelas.
17.  Pendidik mengkonfirmasi kesimpulan dan hasil diskusi peserta didik.
18.  Pendidik memberikan apersepsi berupa pujian kepada peserta didik yang sudah berani menyampaikan kesimpulan hasil diskusi.
180 Menit
3
Penutup
1.      Pendidik menanyakan bagaimana perasaan peserta didik setelah mengikuti seluruh kegiatan.
2.      Pendidik memberi kesempatan kepada beberapa peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya.
3.      Peserta didik dengan bimbingan pendidik menyimpulkam pembelajaran.
4.      Peserta didik mengerjakan soal latihan berupa post test.
5.      Peserta didik mendengarkan penjelasan pendidik beberapa hal yang menjadi catatan selama kegiatan belajar.
6.      Peserta didik diberi tindak lanjut berupa tugas dan mempelajari materi selanjutnya.
7.      Peserta didik menyanyikan lagu daerah Naik-Naik Kepuncak Gunung.
8.      Peserta didik berdoa bersama-sama.
15 Menit

I.         PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.         Teknik Penilaian
Penilaian sikap              : Observasi selama kegiatan
Penilaian pengetahuan  : Test tertulis (pilihan ganda)
Penilaian keterampilan  : Unjuk kerja
                                     
2.         Bentuk Instrumen Penilaian
a.         Penilaian Sikap
Sikap Peduli
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria


Keterangan
SM           : Sudah Membudaya
MB          : Mulai Berkembang
MT           : Mulai Terlihat
BT            : Belum Terlihat

Sikap Santun
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria

Keterangan
SM      : Sudah Membudaya
MB      : Mulai Berkembang
MT      : Mulai Terlihat
BT       : Belum terlihat

Penilaian sikap dihitung menggunakan rumus sebagai berikut:

Nilai =   x 100

b.        Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian    : test tertulis (pilihan ganda)
Bobot tiap soal           : 10
Nilai =   x 100


No.
Nama
Skor
1


2


3


Dst



c.       Penilaian Keterampilan
Keterampilan Mengomunikasikan
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria

Keterangan
SB       : Sangat Baik
B         : Baik
C         : Cukup
PB       : Perlu Bimbingan

Penilaian Keterampilan dihitung menggunakan rumus sebagai berikut:

Nilai =   x 100






Bahasa Indonesia: Membuat Ringkasan
Kriteria
Sangat Baik

(4)
Baik

(3)
Cukup

(2)
Perlu Bimbingan
(1)
Gagasan Pokok
Seluruh gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.
Sebagian besar gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.
Sebagian kecil gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.
Seluruh gagasan pokok tidak ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.
Gagasan Pendukung
Seluruh gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.
Sebagian besar gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf
Sebagian kecil gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.
Seluruh gagasan pendukung tidak ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.
Ringkasan
Seluruh kalimat dalam ringkasan merupakan inti dari cerita.
Sebagian besar kalimat dalam ringkasan merupakan inti dari cerita.
Sebagian kecil kalimat dalam ringkasan merupakan inti dari cerita.
Seluruh kalimat dalam ringkasan tidak mencerminkan inti dari cerita.

PPKn
Cerita tentang pengalaman bekerja sama/sikap ketika bekerja sama dengan teman yang berbeda dinilai dengan rubrik.
Kriteria
Sangat Baik

(4)
Baik

(3)
Cukup

(2)
Perlu Bimbingan
(1)
Kerja sama di lingkungan rumah.
Menceritakan 4 contoh kegiatan yang memerlukan kerja sama di lingkungan rumah dengan teman yang berbeda agama.
Menceritakan 3 contoh kegiatan yang memerlukan kerja sama di lingkungan rumah dengan teman yang berbeda agama.
Menceritakan 2 contoh kegiatan yang memerlukan kerja sama di lingkungan rumah dengan teman yang berbeda agama.
Menceritakan 1 contoh kegiatan yang memerlukan kerja sama di lingkungan rumah dengan teman yang berbeda agama.
Kerja sama di lingkungan sekolah
Menceritakan 4 contoh kegiatan yang memerlukan kerja sama di lingkungan sekolah dengan teman yang berbeda agama.
Menceritakan 3 contoh kegiatan yang memerlukan kerja sama di lingkungan sekolah dengan teman yang berbeda agama.
Menceritakan 2 contoh kegiatan yang memerlukan kerja sama di lingkungan sekolah dengan teman yang berbeda agama.
Menceritakan 1 contoh kegiatan yang memerlukan kerja sama di lingkungan sekolah dengan teman yang berbeda agama..

No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"