Thursday 14 March 2019

RPP KELAS IV TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan   : SD 
Kelas / Semester      : IV (Empat) / I (Satu)
Tema                        : 1 (Indahnya Kebersamaan)
Subtema                   : 2 (Kebersamaan dalam Keberagaman)
Pembelajaran            : 5 (Lima)
Muatan Pelajaran      : SBdP, IPS                                                     
Materi Pelajaran       : Pola lantai dalam tari, keberagaman di wilayah sekitar.
Alokasi Waktu         : 6 x 35 Menit (1x Pertemuan)


A.      KOMPETENSI INTI
1.         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetagga.
3.         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 

B.       TUJUAN PEMBELAJARAN
1.         Setelah mengamati gambar dasar-dasar gerakan tarian Bungong Jeumpa formasi duduk, peserta didik mampu mengidentifikasi dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk dengan benar.
2.         Setelah berdiskusi dan memperhatikan gambar dasar-dasar gerakan tarian Bungong Jeumpa, peserta didik mampu menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk dengan teknik yang benar.
3.         Melalui diskusi dan memperhatikan gambar dasar-dasar gerakan tarian Bungong Jeumpa, peserta didik mampu merancang gerak tari Bungong Jeumpa dengan posisi duduk dengan benar.
4.         Setelah diskusi dan memperhatikan gambar dasar-dasar gerakan tarian Bungong Jeumpa, peserta didik mampu mempraktikkan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk dengan teknik yang benar.
5.         Dengan menggunakan gambar perayaan hari besar agama yang dibuat sendiri, peserta didik mampu menyebutkan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.
6.         Dengan menggunakan gambar perayaan hari besar agama yang dibuat sendiri, peserta didik mampu menyebutkan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.
7.         Dengan menggunakan gambar perayaan hari besar agama yang dibuat sendiri, peserta didik mampu menjelaskan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.
8.         Dengan menggunakan gambar perayaan hari besar agama yang dibuat sendiri, peserta didik mampu menceritakan perayaan hari besar agama sebagi bentukk keragaman sosial, budaya dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.
9.         Dengan menggunakan gambar perayaan hari besar agama yang dibuat sendiri, peserta didik mampu mempresentasikan hasil diskusi tentang perayaan hari besar agama secara lisan.

C.      KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR
SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator
3.3.   Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
3.3.1.   Mengidentifikasi dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk.
3.3.2.   Menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk.
4.3.   Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
4.3.1.   Merancang gerak dasar tari daerah Bungong Jeumpa dengan posisi duduk.
4.3.2.   Mempraktikan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk.

 IPS
                       Kompetensi Dasar
Indikator
3.2.   Mengidentifiaksi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
3.2.1.   Mengidentifikasi perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
3.2.2.   Menyebutkan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
3.2.3.   Menjelaskan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
4.2.   Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agaa di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
4.2.1.   Menceritakan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial budaya dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
4.2.2.   Mempresentasikan hasil diskusi tentang perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial budaya dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.

D.      MATERI PEMBELAJARAN
SBdP
1.         Mendemostrasikan formasi tarian daerah Bungong Jeumpa dengan posisi duduk.
PPKn
1.         Menceritakan perayaan hari besar agama

E.     PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1.         Pendekatan   : Saintifik (Scientific)
2.         Model           : Discovery Learning
3.         Metode         : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan



F.       MEDIA PEMBELAJARAN
1.         Gambar gerakan dasar tari Bungong Jeumpa.
2.         Lagu Bungong Jeumpa untuk mengiringi tari.
3.         Gambar tentang perayaan hari besar keagamaan yang digambar peserta didik.
4.         Kertas HVS.
      
G.      SUMBER BELAJAR
Afriki, dkk. (2017). Buku Guru Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hlm. 123-129.
Afriki, dkk. (2017). Buku Siswa Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hlm. 116-121
H.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
Mengondisikan
1.      Peserta didik berdoa bersama-sama.
2.      Pendidik mengondisikan kelas serta mengecek kehadiran peserta didik.
3.      Peserta didik dibagi kedalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 peserta didik.
4.      Peserta didik menyanyikan lagu Maju Tak Gentar
Orientasi
5.      Pendidik menyampaikan kompetensi dan tujuan pembelajaran.
6.      Pendidik menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran bahwa hari ini mereka akan mendemostrasikan formasi tarian daerah Bungong Jeumpa dengan posisi duduk dan menceritakan perayaan hari besar agama.
Apersepsi
7.      Pendidik mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman peserta didik dan dengan pelajaran sebelumnya.
Motivasi
8.      Pendidik memotivasi peserta didik dengan melakukan tepuk semangat.
15 Menit
2
Inti
Stimulation (Stimulasi)
1.      Peserta didik diberikan soal pre test.
2.      Peserta didik diberikan pertanyaan, apakah kalian masih ingat gerakan tari Bungong Jeumpa yang telah dipelajari sebelumnya?
3.      Pendidik memperlihatkan gambar tentang dasar-dasar gerakan tari Bungong jeumpa dengan formasi duduk.
4.      Peserta didik diajak berdiskusi tentang gerakan dasar tari Bungong Jeumpa untuk mengingatkan mereka tentang keterampilan yang telah mereka pelajari.
5.      Peserta didik mendiskusikan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa.
6.      Peserta didik mengerjakan LKPD.
Problem Statement (Identifikasi Masalah)
7.      Peserta didik menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk.
8.      Peserta didik ditugaskan untuk merancang gerak dasar tari Bungong Jeumpa dengan formasi duduk.
9.      Peserta didik secara berkelompok merancang gerak dasar tari Bungong Jeumpa dengan formasi duduk.
10.  Secara berkelompok peserta didik memperagakan tarian Bungong Jeumpa.
11.  Setelah memperagakan tarian Bungong Jeumpa, peserta didik diberikan penguatan terhadap nilai-nilai yang berkaitan dengan sikap peduli dan menghargai keragaman budaya.
12.  Peserta didik memafarkan hasil diskusi latihan mengenai gerak dasar tari Bungong Jeumpa dengan formasi duduk secara berkelompok.
Data Collection (Pengumpulan Data)
13.  Peserta didik ditugaskan untuk mengamati gambar-gambar perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman.
14.  Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan salah satu perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman.
15.  Peserta didik diminta membuat gambar yang berkaitan dengan perayaan hari besar agama yang pernah mereka ikuti atau yang pernah mereka saksikan.
16.  Peserta didik diminta mencari tahu lebih lanjut  dan menggali dari berbgai sumber informasi tentang keragaman umat beragama di lingkungan provinsi mereka masing-masing dan bagaimana antarumat beragama saling menjalin persatuan.
Data Processing (Pengolahan Data)
17.  Peserta didik menuliskan informasi yang mereka peroleh pada kertas HVS.
18.  Peserta didik menceritakan secara tertulis tentang perayaan hari besar keragama yang pernah mereka ikuti atau saksikan dilinglungan tempat tinggal.
Verification (Pembuktian)
19.  Peserta didik mempresentasikan informasi hasil diskusi kelompok.
20.  Peserta didik juga mencocokan informasi yang diperoleh dari temannya.
21.  Peserta didik saling memberi komentar dan saran positif.
Generalization (Menarik Kesimpulan)
22.  Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi tentang keragaman umat beragaman dilingkungan secara berkelompok di depan kelas.
23.  Pendidik mengkonfirmasi kesimpulan dan hasil diskusi peserta didik.
24.  Pendidik memberikan apersepsi berupa pujian kepada peserta didik yang sudah berani menyampaikan kesimpulan hasil diskusi.
180 Menit
3
Penutup









1.      Pendidik menanyakan bagaimana perasaan peserta didik setelah mengikuti seluruh kegiatan.
2.      Pendidik memberi kesempatan kepada beberapa peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya.
3.      Peserta didik dengan bimbingan pendidik menyimpulkam pembelajaran.
4.      Peserta didik mengerjakan soal latihan berupa post test.
5.      Peserta didik mendengarkan penjelasan pendidik beberapa hal yang menjadi catatan selama kegiatan belajar.
6.      Peserta didik diberi tindak lanjut berupa tugas dan mempelajari materi selanjutnya.
7.      Peserta didik menyanyikan lagu daerah ampar-ampar pisang.
8.      Peserta didik berdoa bersama-sama.
15 Menit

I.         PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.         Teknik Penilaian
Penilaian sikap              : Observasi selama kegiatan
Penilaian pengetahuan  : Test tertulis (pilihan ganda)
Penilaian keterampilan  : Unjuk kerja

2.      Bentuk Instrumen Penilaian
a.         Penilaian Sikap
Sikap Peduli
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria

Keterangan
SM    : Sudah Membudaya
MB   : Mulai Berkembang
MT    : Mulai Terlihat
BT     : Belum Terlihat



Sikap Santun
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
Keterangan
SM      : Sudah Membudaya
MB      : Mulai Berkembang
MT      : Mulai Terlihat
BT       : Belum terlihat

Penilaian sikap dihitung menggunakan rumus sebagai berikut:

Nilai =   x 100

b.        Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian       : test tertulis (pilihan ganda)
Bobot tiap soal               : 10
Nilai =   x 100
No.
Nama
Skor
1


2


3


Dst






c.         Penilaian Keterampilan
Keterampilan Mengomunikasikan
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria 
Keterangan
SB     : Sangat Baik
B       : Baik
C       : Cukup
PB     : Perlu Bimbingan         

Penilaian Keterampilan dihitung menggunakan rumus sebagai berikut:

Nilai =   x 100

IPS
Tulisan dan presentasi keragaman sosial dan budaya agama di provinsi masing-masing dinilai dengan rubrik.
Kriteria
Sangat Baik

(4)
Baik

(3)
Cukup

(2)
Perlu Bimbingan
(1)
Struktur Presentasi
Presentasi memuat pembukuan, inti dan penutup serta dikomunikasikan secara runtut.
Presentasi memuat pembukaan atau penutup dan inti serta dikomunikasikan secara runtut.
Presentasi hanya memuat inti dan disampaikan dengan runtut.
Presentasi hanya memiliki pembuka atau penutup saja.
Tema
Seluruh gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema.
Sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema.
Sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema.
Gagasan pokok dan gagasan pendukung tidak sesuai tema.
Fakta Pendukung
Seluruh fakta tentang keragaman agama yang terdapat di lingkungan provinsi masing-masing disajikan dengan benar.
Sebagian besar fakta tentang keragaman agama yang terdapat di lingkungan provinsi masing-masing disajikan dengan benar.
Sebagian kecil fakta tentang keragaman agama yang terdapat di lingkungan provinsi masing-masing disajikan dengan benar.
Fakta tentang keragaman agaman yang terdapat dilingkunagn provinsi masing-masing tidak benar.

No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"