Thursday 31 January 2019

RPP KELAS IV TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan   : SD 
Kelas / Semester      : IV (Empat) / I (Satu)
Tema                        : 1 (Indahnya Kebersamaan)
Subtema                   : 2 (Kebersamaan dalam Keberagaman)
Pembelajaran            : 4 (Empat)
Muatan Pelajaran      : Bahasa Indonesia, PPKn                               
Materi Pelajaran       :  Gagasan pokok dan gagasan pendukung, kerjasama di lingkungan
Alokasi Waktu         : 5 x 35 Menit (1x Pertemuan)


A.      KOMPETENSI INTI
1.         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetagga.
3.         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.






B.       TUJUAN PEMBELAJARAN
1.         Setelah membaca teks “Perbedaan Bukanlah Penghalang”, peserta didik mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan benar.
2.         Setelah membaca teks “Perbedaan Bukanlah Penghalang”, peserta didik mampu menjelaskan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan benar.
3.         Setelah membaca teks “Perbedaan Bukanlah Penghalang”, peserta didik mampu menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung ke dalam grafik yang sudah disiapkan dengan sistematis.
4.         Setelah membaca teks “Perbedaan Bukanlah Penghalang”, peserta didik mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan sistematis.
5.         Setelah berdiskusi kelompok, peserta didik mampu memberi contoh bentuk kerjasama dalam keberagaman dengan benar.
6.         Setelah berdiskusi kelompok, peserta didik mampu menjelaskan contoh bentuk kerjasama dalam keberagaman dengan benar.
7.         Berdasarkan pengalaman bekerjasama dalam keberagaman, peserta didik mampu menceritakan pengalaman kerjasama dalam keberagaman dengan sistematis.
8.         Setelah mencari informasi, peserta didik mampu mempresentasikan contoh-contoh kerjasama dalam keberagaman dengan tepat.

C.      KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR
       Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator
3.2.   Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
3.2.1.   Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
3.2.2.   Menjelaskan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
4.2.   Menyajikan hasil pengamatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan.
4.2.1.   Menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung ke dalam grafik yang sudah dipersiapkan.
4.2.2.   Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung dari sebuah grafik.

 PPKn
                       Kompetensi Dasar
Indikator
3.4.   Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terkait persatuan dan kesatuan.
3.4.1.   Memberi contoh bentuk kerjasama dalam keberagaan.
3.4.2.   Menjelaskan contoh bentuk kerjasama dalam keberagaman.
4.4.   Menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terkait persatuan dan kesatuan.
4.4.1.   Menceritakan pengalaman kerjasama dalam keberagaman.
4.4.2.   Mempresentasikan contoh-contoh kerjasama dalam keberagaman.

D.      MATERI PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
1.         Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis.
2.         Menjelaskan gagasan utama dan gagasan pendukung.
PPKn
1.         Kebersamaan di lingkungan (kerja bakti, siskamling, gotong royong).
2.         Memberikan contoh kegiatan kerjasama di lingkungan.

E.     PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1.         Pendekatan   : Saintifik (Scientific)
2.         Model           : Discovery Learning
3.         Metode         : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan

F.       MEDIA PEMBELAJARAN
Gambar-gambar kerja bakti, siskamling, gotong royong.
                                                                                   
G.      SUMBER BELAJAR
Afriki, dkk. (2017). Buku Guru Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hlm. 115-121.
Afriki, dkk. (2017). Buku Siswa Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hlm. 110-115

H.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
Mengondisikan
1.      Peserta didik berdoa bersama-sama.
2.      Pendidik mengondisikan kelas serta mengecek kehadiran peserta didik.
3.      Peserta didik dibagi kedalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 peserta didik.
4.      Peserta didik menyanyikan lagu Berkibarlah Benderaku.
Orientasi
5.      Pendidik menyampaikan kompetensi dan tujuan pembelajaran.
6.      Pendidik menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran bahwa hari ini mereka akan belajar tentang gagasan pokok dan pendukung serta kebersamaan di lingkungan.
Apersepsi
7.      Pendidik mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman peserta didik dan dengan pelajaran sebelumnya.
Motivasi
8.      Pendidik memotivasi peserta didik dengan melakukan tepuk semangat.
15 Menit
2
Inti
Stimulation (Stimulasi)
1.      Peserta didik diberikan soal pre test.
2.      Pendidik memberikan sebuah teks bacaan tentang “Perbedaan Bukanlah Penghalang”
3.      Peserta didik membaca teks “Perbedaan Bukanlah Penghalang”
4.      Peserta didik membeca teks dengan membaca berantai. Pendidik menunjuk satu peserta didik dan peserta didik yang lain mendengarkan. Peserta didik membaca teks secara bergantian.
5.      Pendidik meminta  setiap peserta didik untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung.
6.      Peserta didik  menjelaskan gagasan pokok dan pendukung setiap paragraf.
Problem Statement (Identifikasi Masalah)
5.      Peserta didik ditugaskan untuk membuat grafik terkait dengan gagasan pokok dan gagasan pendukung.
6.         Peserta didik menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada grafik.
7.         Peserta didik menyajikan gagasan pokok dan pendukung dengan sistematis.
Data Collection (Pengumpulan Data)
8.      Peserta didik mengamati gambar tentang bentuk-bentuk kerjasama dalam keberagaman.
9.      Peserta didik menjelaskan bentuk kerjasama dalam keberagaman.
10.  Peserta didik memberikan contoh selain dari gambar tentang bentuk kerjasama.
11.  Setiap kelompok ditugaskan untuk mencari informasi mengenai  satu kebiasaan kerjasama. Peserta didik mencari informasi di buku atau bahan bacaan. Peserta didik mengerjakan LKPD.
Data Processing (Pengolahan Data)
12.  Peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai hasil diskusi yang sudah mereka kerjakan.
13.  Peserta didik diberikan kesempatan untuk menceritakan pengalaman bekerjasama yang pernah mereka lakukan.
Verification (Pembuktian)
14.  Peserta didik saling menukar jawaban dengan kelompok lain.
15.  Peserta didik secara berkelompok menganalisis hasil diskusi kelompok lain.
16.  Peserta didik secara berkelompok saling memberikan komentar positif dan saran perbaikan.
Generalization (Menarik Kesimpulan)
17.  Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi di depan kelas.
18.  Pendidik mengkonfirmasi kesimpulan dan hasil diskusi peserta didik.
19.  Pendidik memberikan apersepsi berupa pujian kepada peserta didik yang sudah berani menyampaikan kesimpulan hasil diskusi.
145 Menit
3
Penutup
1.      Pendidik menanyakan bagaimana perasaan peserta didik setelah mengikuti seluruh kegiatan.
2.      Pendidik memberi kesempatan kepada beberapa peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya.
3.      Peserta didik dengan bimbingan pendidik menyimpulkam pembelajaran.
4.      Peserta didik mengerjakan soal latihan berupa post test.
5.      Peserta didik mendengarkan penjelasan pendidik beberapa hal yang menjadi catatan selama kegiatan belajar.
6.      Peserta didik diberi tindak lanjut berupa tugas dan mempelajari materi selanjutnya.
7.      Peserta didik menyanyikan lagu daerah Anak Kambing Saya.
8.      Peserta didik berdoa bersama-sama.
15 Menit

I.         PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.         Teknik Penilaian
Penilaian sikap              : Observasi selama kegiatan
Penilaian pengetahuan  : Test tertulis (pilihan ganda)
Penilaian keterampilan  : Unjuk kerja







2.         Bentuk Instrumen Penilaian
a.         Penilaian Sikap
Sikap Peduli
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
Keterangan
SM    : Sudah Membudaya
MB   : Mulai Berkembang
MT    : Mulai Terlihat
BT     : Belum Terlihat
Sikap Santun
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
Keterangan
SM      : Sudah Membudaya
MB      : Mulai Berkembang
MT      : Mulai Terlihat
BT       : Belum terlihat




Penilaian sikap dihitung menggunakan rumus sebagai berikut:

Nilai =   x 100

b.        Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian    : test tertulis (pilihan ganda)
Bobot tiap soal           : 10
Nilai =   x 100
No.
Nama
Skor
1


2


3


Dst



c.         Penilaian Keterampilan
Keterampilan Mengomunikasikan
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria 
Keterangan
SB       : Sangat Baik
B         : Baik
C         : Cukup
PB       : Perlu Bimbingan

Penilaian Keterampilan dihitung menggunakan rumus sebagai berikut:
Nilai =   x 100
Bahasa Indonesia: Gagasan Pokok
Kriteria
Sangat Baik

(4)
Baik

(3)
Cukup

(2)
Perlu Bimbingan
(1)
Mengidentifikasi gagasan pokok
Mengidentifikasi gagasan pokok dari 4 paragraf dengan benar.
Mengidentifikasi gagasan pokok dari 3 paragraf dengan benar.
Mengidentifikasi gagasan pokok dari 2 paragraf dengan benar.
Mengidentifikasi gagasan pokok dari 1 paragraf dengan benar.
Mengidentifikasi gagasab pendukung
Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 4 paragraf dengan benar.
Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 3 paragraf dengan benar.
Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 2 paragraf dengan benar.
Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 1 paragraf dengan benar.
Mengomunikasikan
Menuliskan secara sistematis, mudah dipahami, menggunakan bahasa baku.
Memenuhi 2 dari 3 kriteria yang diharapkan.
Memenuhi 1 dari 3 kriteria yang diharapkan.
Belum memenuhi kriteria yang diharapkan.

PPKn
Diskusi pada saat membahas tentang kerjasama di lingkungan.
Kriteria
Sangat Baik

(4)
Baik

(3)
Cukup

(2)
Perlu Bimbingan
(1)
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengidahkan.
Komunikasi norn verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
Partisipasi (menyampaikan, ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung.


No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"