Thursday 3 January 2019

RPP KELAS IV TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan   : SD Negeri 
Kelas / Semester      : IV (Empat) / I (Satu)
Tema                        : 1 (Indahnya Kebersamaan)
Subtema                   : 2 (Kebersamaan dalam Keberagaman)
Pembelajaran            : 2 (Dua)
Muatan Pelajaran      : PPKn dan SBdP                                            
Materi Pelajaran       : Kerjasama dalam Keberagaman, tari Bungong Jeumpa
Alokasi Waktu         : 6 x 35 Menit (1x Pertemuan)
                                           
A.      KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetagga.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.       TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Setelah membaca teks “Tong Sampah Gotong Royong”, peserta didik mampu mengidentifikasi pentingnya kerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.
2.      Setelah membaca teks “Tong Sampah Gotong Royong” dan berdiskusi, peserta didik mampu menjelaskan pentingnya kerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.
3.      Setelah berdiskusi, peserta didik mampu membuat satu contoh bentuk kerjasama dalam keberagaman dengan benar.
4.      Setelah berdiskusi, peserta didik mampu menceritakan satu contoh bentuk kerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.
5.      Setelah menyaksikan tayangan video formasi dasar tari Bungong Jeumpa, peserta didik mampu mengidentifikasi formasi berdiri tarian Bungong Jeumpa dengan benar.
6.      Setelah menyaksikan tayangan video formasi dasar tari Bungong Jeumpa, peserta didik mampu menyebutkan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dengan tepat.
7.      Setelah menyaksikan tayangan video tari Bungong Jeumpa, peserta didik mampu merancang gerak dasar tari daerah Bungong Jeumpa dengan benar.
8.      Setelah mengamati video tarian Bungong Jeumpa, peserta didik mampu mempraktikkan tarian Bungong Jeumpa formasi berdiri diiringi dengan musik dan hitungan dengan tepat.

C.      KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR
       PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator
3.4.   Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4.1.   Mengidentifikasi pentingnya kerjasama dalam keberagaman.
3.4.2.   Menjelaskan pentingnya kerjasama dalam keberagaman.
4.4.   Menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4.1.   Membuat satu contoh bentuk kerjasama dalam keberagaman.
4.4.2.   Menceritakan satu contoh bentuk kerjasama dalam keberagaman.

SBdP
                       Kompetensi Dasar
Indikator
3.3.   Memahai dasar-dasar gerak tari daerah.
3.3.1.   Mengidentifikasi formasi berdiri tarian Bungong Jeumpa.
3.3.2.   Menyebutkan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa.
4.3.   Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
4.3.1.   Merancang gerak dasar tarian Bungong Jeumpa.
4.3.2.   Mempraktikkan tarian Bungong Jeumpa diiringi dengan musik dan hitungan.

D.      MATERI PEMBELAJARAN
PPKn
1.      Mendiskusikan pentingnya kerjasama
2.      Contoh kerjasama dalam keberagaman
3.      Cerita kerjasama dalam keberagaman
SBdP
1.      Formasi berdiri tarian Bungong jeumpa
2.      Menari tarian daerah (Bungong Jeumpa)

E.       PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan     : Saintifik (Scientific)
Model             : Discovery Learning
Metode           : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan


F.       MEDIA PEMBELAJARAN
Musik lagu Bungong Jeumpa, video tarian Bungong jeumpa
                                                                                   
G.      SUMBER BELAJAR
Afriki, dkk. (2017). Buku Guru Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hlm. 93-104
Afriki, dkk. (2017). Buku Siswa Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hlm. 86-99
  
H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
Mengondisikan
1.      Peserta didik berdoa bersama-sama.
2.      Pendidik mengondisikan kelas serta mengecek kehadiran peserta didik.
3.      Peserta didik dibagi kedalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 peserta didik.
4.      Menyanyikan lagu Hallo-Hallo Bandung.
Orientasi
5.      Pendidik menyampaikan kompetensi dan tujuan pembelajaran.
6.      Pendidik menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran bahwa hari ini mereka akan belajar tentang pentingnya kerja sama dan tarian Bungong Jeumpa.
Apersepsi
7.      Pendidik mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman peserta didik dan dengan pembelajaran sebelumnya.

Motivasi
8.      Pendidik memotivasi peserta didik dengan melakukan tepuk semangat.
15 Menit
2
Inti
Stimulation (Stimulasi)
1.      Peserta didik diberikan soal pre test.
2.      Pendidik bertanya tentang kerjasama dan manfaatnya.
3.      Pendidik menyampaikan tentang kerjasama dan manfaatnya.
4.      Pendidik penyampaikan pertanyaan pembuka.
-          Apakah kalian sering bekerjasama dengan teman saat membersihkan kelas?
-          Bagaimana manfat dari kerja sama yang dilakukan saat membersihkan kelas?
5.      Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan.
6.      Peserta didik membaca senyap teks “Tong Sampah Gotong Royong”.
Problem Statement (Identifikasi Masalah)
7.      Peserta didik secara kelompok mengidentifikasi pengertian keberagaman dan kerjasama
8.      Peserta didik menuliskan hasilnya pada kertas HVS.
9.      Hasil produk peserta didik ditempel di dinding kelas.
10.  Setiap anggoa kelompok akan melihat hasil pekerjaan temannya secara bergantian.
Data Collection (Pengumpulan Data)
11.  Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan keberagaman, kerjasama dan manfaatnya.
12.  Peserta didik menjelaskan pentingnya kerjasama dalam keberagaman.
13.  Peserta didik menuliskan hasil kesepakatan mengenai identifikasi keberagaman, kerjasama dan manfaatnya pada LKPD.
14.  Pendidik memberikan pertanyaan kepada peserta didik:
-          Apa itu kerjasama? Apa manfaatnya?
-          Bagaimana cara kita supaya bisa bekerjasama dalam keberagaman?
Data Processing (Pengolahan Data)
15.  Peserta didik secara individu mengidentifikasi keberagaman dan kerjasama yang ada di lingkungan.
16.  Peserta didik membuat contoh bentuk kerjasama dalam keberagaman.
17.  Peserta didik menceritakan bentuk kerjasama dalam keberagaman.
18.  Peserta didik mengamati formasi gerakan tarian Bungong Jeumpa yang ada pada buku siswa.
19.  Kemudian peserta didik menyaksikan video tarian Bungong Jeumpa.
20.  Peserta didik menyebutkan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa.
21.  Perwakilan setiap kelompok maju kedepan untuk menari Bungong Jeumpa dengan bantuan pendidikk.
22.  Peserta didik secara berkelompok secara bergantian memperagakan tarian Bungong Jeumpa di depan kelas.
23.  Pendidik menguatkan peserta didik untuk menari dengan gerakan yang benar.
Verification (Pembuktian)
24.  Peserta didik mencocokan hasil diskusinya dengan materi yang mereka ketahui.
25.  Peserta didik juga mencocokan informasi yang diperoleh dari temannya.
26.  Peserta didik saling memberikan komentar positif.
Generaliztion (Menarik Kesimpulan)
27.  Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi di depan kelas.
28.  Pendidik mengkonfirmasi kesimpulan dan hasil diskusi peserta didik.
29.  Pendidik memberikan apersepsi berupa pujian kepada peserta didik yang sudah berani menyampaikan kesimpulan hasil diskusi.
180 Menit
3
Penutup
1.      Pendidik menanyakan bagaimana perasaan peserta didik setelah mengikuti seluruh kegiata. Peserta  untuk menyampaikan pendapatnya.
2.      Peserta didik dengan bimbingan pendidik menyimpulkam pembelajaran.
3.      Peserta didik mengerjakan soal latihan berupa post test.
4.      Peserta didik mendengarkan penjelasan pendidik beberapa hal yang menjadi catatan selama kegiatan belajar.
5.      Peserta didik diberi tindak lanjut berupa tugas dan mempelajari materi selanjutnya.
6.      Peserta didik menyanyikan lagu daerah Bungong Jeumpa.
7.      Peserta didik berdoa bersama-sama.
15 Menit
I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.         Teknik Penilaian
Penilaian sikap              : Observasi selama kegiatan
Penilaian pengetahuan  : Test tertulis (Pilihan ganda)
Penilaian keterampilan  : Unjuk kerja

2.      Bentuk Instrumen Penilaian
a.         Penilaian Sikap
 Sikap Peduli
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
Keterangan                                                                                                                 
SM    : Sudah Membudaya
MB   : Mulai Berkembang
MT    : Mulai Terlihat
BT     : Belum Terlihat
 Sikap Santun
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
Keterangan
SM      : Sudah Membudaya
MB      : Mulai Berkembang
MT      : Mulai Terlihat
BT       : Belum terlihat

b.        Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian    : test tertulis (pilihan ganda)
Bobot tiap soal           : 10        
Nilai  =   x 100

No.
Nama
Skor
1


2


3


Dst



c.         Penilaian Keterampilan
Keterampilan Mengomunikasikan
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
Keterangan     
SB       : Sangat Baik
B         : Baik
C         : Cukup
PB       : Perlu Bimbingan
Penilaian Keterampilan dihitung menggunakan rumus sebagai berikut:
Nilai =   x 100

SBdP: Menari
Kriteria
Sangat Baik

(4)
Baik

(3)
Cukup

(2)
Perlu Bimbingan
(1)
Gerakan
Seluruh gerakab yang ditunjukkan saat menari sesuai dengan ketentuan tarian.
Sebagian besar gerakan yang ditunjukkan saat menari sesuai dengan ketentuan tarian.
Sebagian gerakan yang ditunjukkan saat menari sesuai dengan ketentuan tarian.
Hanya sebagian kecil gerakan yang ditunjukkan saat menari sesuai dengan ketentuan tarian.
Teknik Menari
Menarikan tarian dengan menunjukkan:
·      Sikap tubuh yang sesuai dengan tarian yang dibawakan.
·      Gerakan yang dibawakan sesuai dengan irama.
·      Gerakan yang dibawakan sesuai dengan tempo sehingga tarian yang ditunjukkan terlihat harmonis.
Hanya menunjukkan 2 hal dari 3 kriteria yang diharapkan. Tarian yang dihasilkan cukup harmonis.
Hanya menunjukkan 1 hal dari 3 kriteria yang diharapkan. Tarian yang dihasilkan kurang harmonis.
Tidak memenuhi kriteria yang diharapkan.
Ekspresi
Memberikan penjiwaaan saat menari yang memperhatikan jenis tarian sehingga pesan dari tarian bisa dimengerti oleh penonton.
Ada beberapa penjiwaan yang kurang sesuai dengan jenis tarian. Pesan dari tarian tetap bisa dimengerti oleh penonton.
Kurang bisa memberikan penjiwaan saat menari sehingga pesan dari tarian kurang dimengerti oleh penonton.
Tidak bisa memberikan penjiwaan saat menari sehingga pesan dari tarian tidak dimengerti oleh penonton.
Sikap
Saat menari selalu menunjukkan sikap:
·         Percaya diri saat menari sehingga bisa menguasai panggung.
·         Bisa berinteraksi baik dengan penari lain.
Saat menari selalu menunjukkan sikap percaya diri saat menari sehingga bisa menguasai panggung, namun kurang bisa berinteraksi dengan penari lain.
Saat menari menunjukkan sikap kurang percaya diri dan kurang bisa berinteraksi dengan penai lain.
Saat menari menunjukkan sikap tidak percaya diri dan bisa berinteraksi dengan penari lainnya.

PPKn: Cerita pengalaman kerjasama
Kriteria
Sangat Baik

(4)
Baik

(3)
Cukup

(2)
Perlu Bimbingan
(1)
Keberagaman
Menjelaskan 3 keberagaman yang ada di lingkungan tempat tinggal (suku bangsa, sosial, dan budaya).
Menjelaskan 2 keberagaman yang ada di lingkungan tempat tinggal (suku bangsa, sosial, dan budaya).
Menjelaskan 1 keberagaman yang ada di lingkungan tempat tinggal (suku bangsa, sosial, dan budaya).
Belum mampu menyebutkan keberagaman.
Kerjasama
Memberikan satu contoh dan menjelaskan kegiatan yang menunjukkan kerjasama yang pernah dilakukan dengan benar.
Mampu memberikan contoh, namun menjelaskan dengan kurang tepat.
Contoh yang diberikan masih belum menunjukkan kerjasama dalam keberagaman.
Belum mampu memberikan contoh.
Persatuan dan kesatuan
Menjelaskan 3 contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan saat kerjasama dengan benar.
Menjelaskan 2 contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan saat kerjasama dengan benar.
Menjelaskan 1 contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan saat kerjasama dengan benar.
Belum mampu memberikan contoh.
Manfaat
Menjelaskan 3 manfaat dari kerjasama dengan benar.
Menjelaskan 2 manfaat dari kerjasama dengan benar.
Menjelaskan 1 manfaat dari kerjasama dengan benar.
Belum mmpu menjelaskan manfaat.
Kesimpulan
Menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dengan benar dan terperinci.
Menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dengan benar namun kurang terperinci.
Menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam keberagaman namun masih kurang tepat.
Belum mampu menjelaskan.

Diskusi: Membahasa cerita Tong Sampah Gotong Royong
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan
(1)
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perluu diingatkan.
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengidahkan
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan   : SD Negeri 5 Mekarsari
Kelas / Semester      : IV (Empat) / I (Satu)
Tema                        : 1 (Indahnya Kebersamaan)
Subtema                   : 2 (Kebersamaan dalam Keberagaman)
Pembelajaran            : 2 (Dua)
Muatan Pelajaran      : PPKn dan SBdP                                            
Materi Pelajaran       : Kerjasama dalam Keberagaman, tari Bungong Jeumpa
Alokasi Waktu         : 6 x 35 Menit (1x Pertemuan)
                                           
A.      KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetagga.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.







B.       TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Setelah membaca teks “Tong Sampah Gotong Royong”, peserta didik mampu mengidentifikasi pentingnya kerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.
2.      Setelah membaca teks “Tong Sampah Gotong Royong” dan berdiskusi, peserta didik mampu menjelaskan pentingnya kerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.
3.      Setelah berdiskusi, peserta didik mampu membuat satu contoh bentuk kerjasama dalam keberagaman dengan benar.
4.      Setelah berdiskusi, peserta didik mampu menceritakan satu contoh bentuk kerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.
5.      Setelah menyaksikan tayangan video formasi dasar tari Bungong Jeumpa, peserta didik mampu mengidentifikasi formasi berdiri tarian Bungong Jeumpa dengan benar.
6.      Setelah menyaksikan tayangan video formasi dasar tari Bungong Jeumpa, peserta didik mampu menyebutkan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dengan tepat.
7.      Setelah menyaksikan tayangan video tari Bungong Jeumpa, peserta didik mampu merancang gerak dasar tari daerah Bungong Jeumpa dengan benar.
8.      Setelah mengamati video tarian Bungong Jeumpa, peserta didik mampu mempraktikkan tarian Bungong Jeumpa formasi berdiri diiringi dengan musik dan hitungan dengan tepat.

C.      KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR
       PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator
3.4.   Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4.1.   Mengidentifikasi pentingnya kerjasama dalam keberagaman.
3.4.2.   Menjelaskan pentingnya kerjasama dalam keberagaman.
4.4.   Menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4.1.   Membuat satu contoh bentuk kerjasama dalam keberagaman.
4.4.2.   Menceritakan satu contoh bentuk kerjasama dalam keberagaman.

SBdP
                       Kompetensi Dasar
Indikator
3.3.   Memahai dasar-dasar gerak tari daerah.
3.3.1.   Mengidentifikasi formasi berdiri tarian Bungong Jeumpa.
3.3.2.   Menyebutkan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa.
4.3.   Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
4.3.1.   Merancang gerak dasar tarian Bungong Jeumpa.
4.3.2.   Mempraktikkan tarian Bungong Jeumpa diiringi dengan musik dan hitungan.

D.      MATERI PEMBELAJARAN
PPKn
1.      Mendiskusikan pentingnya kerjasama
2.      Contoh kerjasama dalam keberagaman
3.      Cerita kerjasama dalam keberagaman
SBdP
1.      Formasi berdiri tarian Bungong jeumpa
2.      Menari tarian daerah (Bungong Jeumpa)

E.       PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan     : Saintifik (Scientific)
Model             : Discovery Learning
Metode           : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan


F.       MEDIA PEMBELAJARAN
Musik lagu Bungong Jeumpa, video tarian Bungong jeumpa
                                                                                   
G.      SUMBER BELAJAR
Afriki, dkk. (2017). Buku Guru Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hlm. 93-104
Afriki, dkk. (2017). Buku Siswa Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hlm. 86-99
  
H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
Mengondisikan
1.      Peserta didik berdoa bersama-sama.
2.      Pendidik mengondisikan kelas serta mengecek kehadiran peserta didik.
3.      Peserta didik dibagi kedalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 peserta didik.
4.      Menyanyikan lagu Hallo-Hallo Bandung.
Orientasi
5.      Pendidik menyampaikan kompetensi dan tujuan pembelajaran.
6.      Pendidik menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran bahwa hari ini mereka akan belajar tentang pentingnya kerja sama dan tarian Bungong Jeumpa.
Apersepsi
7.      Pendidik mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman peserta didik dan dengan pembelajaran sebelumnya.

Motivasi
8.      Pendidik memotivasi peserta didik dengan melakukan tepuk semangat.
15 Menit
2
Inti
Stimulation (Stimulasi)
1.      Peserta didik diberikan soal pre test.
2.      Pendidik bertanya tentang kerjasama dan manfaatnya.
3.      Pendidik menyampaikan tentang kerjasama dan manfaatnya.
4.      Pendidik penyampaikan pertanyaan pembuka.
-          Apakah kalian sering bekerjasama dengan teman saat membersihkan kelas?
-          Bagaimana manfat dari kerja sama yang dilakukan saat membersihkan kelas?
5.      Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan.
6.      Peserta didik membaca senyap teks “Tong Sampah Gotong Royong”.
Problem Statement (Identifikasi Masalah)
7.      Peserta didik secara kelompok mengidentifikasi pengertian keberagaman dan kerjasama
8.      Peserta didik menuliskan hasilnya pada kertas HVS.
9.      Hasil produk peserta didik ditempel di dinding kelas.
10.  Setiap anggoa kelompok akan melihat hasil pekerjaan temannya secara bergantian.
Data Collection (Pengumpulan Data)
11.  Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan keberagaman, kerjasama dan manfaatnya.
12.  Peserta didik menjelaskan pentingnya kerjasama dalam keberagaman.
13.  Peserta didik menuliskan hasil kesepakatan mengenai identifikasi keberagaman, kerjasama dan manfaatnya pada LKPD.
14.  Pendidik memberikan pertanyaan kepada peserta didik:
-          Apa itu kerjasama? Apa manfaatnya?
-          Bagaimana cara kita supaya bisa bekerjasama dalam keberagaman?
Data Processing (Pengolahan Data)
15.  Peserta didik secara individu mengidentifikasi keberagaman dan kerjasama yang ada di lingkungan.
16.  Peserta didik membuat contoh bentuk kerjasama dalam keberagaman.
17.  Peserta didik menceritakan bentuk kerjasama dalam keberagaman.
18.  Peserta didik mengamati formasi gerakan tarian Bungong Jeumpa yang ada pada buku siswa.
19.  Kemudian peserta didik menyaksikan video tarian Bungong Jeumpa.
20.  Peserta didik menyebutkan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa.
21.  Perwakilan setiap kelompok maju kedepan untuk menari Bungong Jeumpa dengan bantuan pendidikk.
22.  Peserta didik secara berkelompok secara bergantian memperagakan tarian Bungong Jeumpa di depan kelas.
23.  Pendidik menguatkan peserta didik untuk menari dengan gerakan yang benar.
Verification (Pembuktian)
24.  Peserta didik mencocokan hasil diskusinya dengan materi yang mereka ketahui.
25.  Peserta didik juga mencocokan informasi yang diperoleh dari temannya.
26.  Peserta didik saling memberikan komentar positif.
Generaliztion (Menarik Kesimpulan)
27.  Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi di depan kelas.
28.  Pendidik mengkonfirmasi kesimpulan dan hasil diskusi peserta didik.
29.  Pendidik memberikan apersepsi berupa pujian kepada peserta didik yang sudah berani menyampaikan kesimpulan hasil diskusi.
180 Menit
3
Penutup
1.      Pendidik menanyakan bagaimana perasaan peserta didik setelah mengikuti seluruh kegiata. Peserta  untuk menyampaikan pendapatnya.
2.      Peserta didik dengan bimbingan pendidik menyimpulkam pembelajaran.
3.      Peserta didik mengerjakan soal latihan berupa post test.
4.      Peserta didik mendengarkan penjelasan pendidik beberapa hal yang menjadi catatan selama kegiatan belajar.
5.      Peserta didik diberi tindak lanjut berupa tugas dan mempelajari materi selanjutnya.
6.      Peserta didik menyanyikan lagu daerah Bungong Jeumpa.
7.      Peserta didik berdoa bersama-sama.
15 Menit
I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.         Teknik Penilaian
Penilaian sikap              : Observasi selama kegiatan
Penilaian pengetahuan  : Test tertulis (Pilihan ganda)
Penilaian keterampilan  : Unjuk kerja

2.      Bentuk Instrumen Penilaian
a.         Penilaian Sikap
 Sikap Peduli
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
Keterangan                                                                                                                 
SM    : Sudah Membudaya
MB   : Mulai Berkembang
MT    : Mulai Terlihat
BT     : Belum Terlihat
 Sikap Santun
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
Keterangan
SM      : Sudah Membudaya
MB      : Mulai Berkembang
MT      : Mulai Terlihat
BT       : Belum terlihat

b.        Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian    : test tertulis (pilihan ganda)
Bobot tiap soal           : 10        
Nilai  =   x 100

No.
Nama
Skor
1


2


3


Dst



c.         Penilaian Keterampilan
Keterampilan Mengomunikasikan
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
Keterangan     
SB       : Sangat Baik
B         : Baik
C         : Cukup
PB       : Perlu Bimbingan
Penilaian Keterampilan dihitung menggunakan rumus sebagai berikut:
Nilai =   x 100

SBdP: Menari
Kriteria
Sangat Baik

(4)
Baik

(3)
Cukup

(2)
Perlu Bimbingan
(1)
Gerakan
Seluruh gerakab yang ditunjukkan saat menari sesuai dengan ketentuan tarian.
Sebagian besar gerakan yang ditunjukkan saat menari sesuai dengan ketentuan tarian.
Sebagian gerakan yang ditunjukkan saat menari sesuai dengan ketentuan tarian.
Hanya sebagian kecil gerakan yang ditunjukkan saat menari sesuai dengan ketentuan tarian.
Teknik Menari
Menarikan tarian dengan menunjukkan:
·      Sikap tubuh yang sesuai dengan tarian yang dibawakan.
·      Gerakan yang dibawakan sesuai dengan irama.
·      Gerakan yang dibawakan sesuai dengan tempo sehingga tarian yang ditunjukkan terlihat harmonis.
Hanya menunjukkan 2 hal dari 3 kriteria yang diharapkan. Tarian yang dihasilkan cukup harmonis.
Hanya menunjukkan 1 hal dari 3 kriteria yang diharapkan. Tarian yang dihasilkan kurang harmonis.
Tidak memenuhi kriteria yang diharapkan.
Ekspresi
Memberikan penjiwaaan saat menari yang memperhatikan jenis tarian sehingga pesan dari tarian bisa dimengerti oleh penonton.
Ada beberapa penjiwaan yang kurang sesuai dengan jenis tarian. Pesan dari tarian tetap bisa dimengerti oleh penonton.
Kurang bisa memberikan penjiwaan saat menari sehingga pesan dari tarian kurang dimengerti oleh penonton.
Tidak bisa memberikan penjiwaan saat menari sehingga pesan dari tarian tidak dimengerti oleh penonton.
Sikap
Saat menari selalu menunjukkan sikap:
·         Percaya diri saat menari sehingga bisa menguasai panggung.
·         Bisa berinteraksi baik dengan penari lain.
Saat menari selalu menunjukkan sikap percaya diri saat menari sehingga bisa menguasai panggung, namun kurang bisa berinteraksi dengan penari lain.
Saat menari menunjukkan sikap kurang percaya diri dan kurang bisa berinteraksi dengan penai lain.
Saat menari menunjukkan sikap tidak percaya diri dan bisa berinteraksi dengan penari lainnya.

PPKn: Cerita pengalaman kerjasama
Kriteria
Sangat Baik

(4)
Baik

(3)
Cukup

(2)
Perlu Bimbingan
(1)
Keberagaman
Menjelaskan 3 keberagaman yang ada di lingkungan tempat tinggal (suku bangsa, sosial, dan budaya).
Menjelaskan 2 keberagaman yang ada di lingkungan tempat tinggal (suku bangsa, sosial, dan budaya).
Menjelaskan 1 keberagaman yang ada di lingkungan tempat tinggal (suku bangsa, sosial, dan budaya).
Belum mampu menyebutkan keberagaman.
Kerjasama
Memberikan satu contoh dan menjelaskan kegiatan yang menunjukkan kerjasama yang pernah dilakukan dengan benar.
Mampu memberikan contoh, namun menjelaskan dengan kurang tepat.
Contoh yang diberikan masih belum menunjukkan kerjasama dalam keberagaman.
Belum mampu memberikan contoh.
Persatuan dan kesatuan
Menjelaskan 3 contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan saat kerjasama dengan benar.
Menjelaskan 2 contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan saat kerjasama dengan benar.
Menjelaskan 1 contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan saat kerjasama dengan benar.
Belum mampu memberikan contoh.
Manfaat
Menjelaskan 3 manfaat dari kerjasama dengan benar.
Menjelaskan 2 manfaat dari kerjasama dengan benar.
Menjelaskan 1 manfaat dari kerjasama dengan benar.
Belum mmpu menjelaskan manfaat.
Kesimpulan
Menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dengan benar dan terperinci.
Menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dengan benar namun kurang terperinci.
Menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam keberagaman namun masih kurang tepat.
Belum mampu menjelaskan.

Diskusi: Membahasa cerita Tong Sampah Gotong Royong
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan
(1)
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perluu diingatkan.
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengidahkan
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung.


No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"