Thursday 31 January 2019

RPP KELAS IV TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan   : SD Negeri 
Kelas / Semester      : IV (Empat) / I (Satu)
Tema                        : 1 (Indahnya Kebersamaan)
Sub Tema                 : 2 (Kebersamaan dalam Keberagaman)
Pembelajaran            : 3 (Tiga)
Muatan Pelajaran      : Bahasa Indonesia, IPA                                  
Materi Pelajaran       :  Gagasan pokok dan gagasan pendukung, bagian-bagian indera telinga
Alokasi Waktu         : 6 x 35 Menit (1x Pertemuan)


A.      KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetagga.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.






B.       TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Setelah menyaksikan video bagian-bagian telinga, peserta didik mampu menyebutkan bagian-bagian indera pendengaran dengan benar.
2.      Setelah menyaksikan video bagian-bagian telinga, peserta didik mampu menjelaskan fungsi bagian-bagian indera pendengaran dengan jelas.
3.      Dengan berdiskusi, peserta didik mampu membuat peta pikiran tentang pengamatan mengenai indera pendengaran dengan lengkap.
4.      Setelah percobaan tentang sumber bunyi, peserta didik mampu menyajikan laporan tentang proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera pendengaran dengan sistematis.
5.      Setelah membaca teks “Tong Sampah Gotong Royong”, peserta didik mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.
6.      Setelah membaca teks “Tong Sampah Gotong Royong”, peserta didik mampu menyebutkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh daari teks bacaan dengan tepat.
7.      Setelah membaca teks “Tong Sampah Gotong Royong”, peserta didik mampu merinci keterhubungan gagasan utama dan pendukung dari setiap paragraf dengan mandiri.
8.      Setelah membaca tek “Tong Sampah Gotong Royong”, peserta didik mampu menjelaskan keterhubungan gagasan utama dan pendukung dari setiap paragraf dengan mandiri.
9.      Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu mengumpulkan informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasab ke dalam kerangka tulis dengan benar.
10.  Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu merancang informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis dengan benar.
11.  Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu memperbaiki hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan dengan benar.
12.  Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan kedalam tulisan dengan sistematis.

C.      KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR
IPA
                       Kompetensi Dasar
Indikator
3.6.   Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan  indera pendengaran.
3.6.1.   Menyebutkan bagian-bagian indera pendengaran.
3.6.2.   Menjelaskan fungsi bagian-bagian indera pendengaran.
4.6.Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
4.6.1. Membuat peta pikiran tentang pengamatan mengenai indera pendengaran.
4.6.1. Menyajikan laporan tentang proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi  hingga ke indera pendengaran.

       Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1.   Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
3.1.1.   Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
3.1.2.   Menyebutkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks bacaan.
3.2.   Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
3.2.1.   Merinci keterhubungan gagasan utama dan pendukung dari setiap paragraf.
3.2.2.   Menjelaskan keterhubungan gagasan utama dan pendukung dari setiap paragraf.
4.1.   Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan.
4.1.1.   Mengumpulkan informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam keranggka tulis.
4.1.2.   Merancang informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
4.2.   Menyajikan hasil pengamatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan.
4.2.1.   Memperbaiki hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan.
4.2.2.   Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam teks tulisan.

D.      MATERI PEMBELAJARAN
IPA
Bagian-bagian indera telinga
Bagasa Indonesia
Gagasan pokok dan gagasan pendukung

E.     PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1.         Pendekatan   : Saintifik (Scientific)
2.         Model           : Discovery Learning
3.         Metode         : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan

F.       MEDIA PEMBELAJARAN
Benda-benda disekitar untuk percobaan bunyi misalnya kertas, penghapus papan tulis, pensil, buku, pulpen dan lain-lain
G.      SUMBER BELAJAR
Afriki, dkk. (2017). Buku Guru Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hlm. 106-114
Afriki, dkk. (2017). Buku Siswa Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hlm. 100-109
  
H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
Mengondisikan
1.      Peserta didik berdoa bersama-sama.
2.      Pendidik mengondisikan kelas serta mengecek kehadiran peserta didik.
3.      Peserta didik dibagi kedalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 peserta didik.
4.      Menyanyikan lagu Dari Sabang Sampai Merauke.
Orientasi
5.      Pendidik menyampaikan kompetensi dan tujuan pembelajaran.
6.      Pendidik menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran bahwa hari ini mereka akan belajar tentang gagasan pokok dan pendukung, bagian-bagian indera telinga.
Apersepsi
7.      Peserta didik diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya tentang proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga sampai ke indera pendengaran.
8.      Pendidik mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman peserta didik.
Motivasi
9.      Pendidik memotivasi peserta didik dengan melakukan tepuk semangat.
15 Menit
2
Inti
Stimulation (Stimulasi)
1.      Peserta didik diberikan soal pre test.
2.      Pendidik menayangkan sebuah gambar/video tentang bagian-bagian telinga.
3.      Peserta didik mengamati bagian gambar/video yang ditampilkan tentang bagian-bagian telinga.
4.      Peserta didik berdiskusi kelompok tentang bagian dari indera pendengaran beserta fungsinya.
5.      Peserta didik menyebutkan bagian-bagian telinga.
Problem Statement (Identifikasi Masalah)
6.      Pendidik mengajukan pertanyaan:
-          Apa yang kamu ketahui tentang fungsi dari setiap alat/organ dari indera pendengaran?
-          Bagaimana cara merawat telinga sebagai indera yang sangat penting bagi kita?
7.      Peserta didik menjawab pertanyaan dari pendidik.
8.      Beberapa peserta didik mengajukan pertanyaan untuk menambah pengetahuan peserta didik.
9.      Peserta didik berdiskusi dengan kelompoknya untuk menjawab beberapa pertanyaan yang tersedia.
10.  Pendidik membimbing jalannya diskusi kelompok, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif.
Data Colection (Pengumpulan Data)
11.  Peserta didik ditugaskan untuk membuat peta pikiran tentang indera pendengaran.
12.  Peserta didik bersama dengan kelompoknya membuat peta pikiran tentang indera pendengaran.
13.  Peserta didik mengerjakan LKPD dan mempraktikan percobaan sumber bunyi.
14.  Mintalah peserta didik untuk menjawab pertanyaan yang ada pada buku pelajaran setelah bermain kemudian membuat laporan pada LKPD.
Data Processing (Pengolahan Data)
15.  Peserta didik diingatkan kembali tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung yang telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya.
16.  Peserta didik membaca senyap teks berjudul “Tong Sampah Gotong Royong” yang terdapat pada pembelajaran sebelumnya.
17.  Peserta didik menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada teks tersebut dan menuliskannya dalam peta pikiran yang tersedia.
18.  Peserta didik menyebutkan gagasan pokok dan pendukung.
19.  Peserta didik merinci gagasan pokok dan gagasan pendukung.
20.  Peserta didik menjelaskan keterhubungan gagasan pokok dan gagasan pendukung.
21.  Peserta didik secara berkelompok mengumpulkan informasi yang didapat dari teks “Tong Sampah Gotong Royong”.
22.  Peserta didik secara berkelompok merancang informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan secara tertulis.
Verification (Pembuktian)
23.  Peserta didik saling menukarkan informasi yang mereka dapatkan.
24.  Peserta didik juga mencocokan informasi yang diperoleh dari temannya.
25.  Peserta didik saling memberi komentar positif dan saran perbaikan.
26.  Peserta didik saling mengoreksi secara bersama-sama tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung yang sudah mereka tulis serta hasil penataan informasi yang sudah ditulis.
27.  Peserta didik memperbaiki hasilnya bersama dengan teman kelompoknya.
Generalization (Menarik Kesimpulan)
28.  Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi di depan kelas.
29.  Pendidik mengkonfirmasi kesimpulan dan hasil diskusi peserta didik.
30.  Pendidik memberikan apersepsi berupa pujian kepada peserta didik yang sudah berani menyampaikan kesimpulan hasil diskusi.

180 Menit
3
Penutup
1.      Pendidik menanyakan bagaimana perasaan peserta didik setelah mengikuti seluruh kegiatan.
2.      Pendidik memberi kesempatan kepada beberapa peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya.
3.      Peserta didik dengan bimbingan pendidik menyimpulkam pembelajaran.
4.      Peserta didik mengerjakan soal latihan berupa post test.
5.      Peserta didik mendengarkan penjelasan pendidik beberapa hal yang menjadi catatan selama kegiatan belajar.
6.      Peserta didik diberi tindak lanjut berupa tugas dan mempelajari materi selanjutnya.
7.      Peserta didik menyanyikan lagu daerah Gundul-gundul Pacul.
8.      Peserta didik berdoa bersama-sama.
15 Menit
I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.         Teknik Penilaian
Penilaian sikap              : Observasi selama kegiatan
Penilaian pengetahuan  : Test tertulis (pilihan ganda)
Penilaian keterampilan  : Unjuk kerja
                                     








2.      Bentuk Instrumen Penilaian
a.         Penilaian Sikap
Sikap Peduli
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
Keterangan
SM    : Sudah Membudaya
MB   : Mulai Berkembang
MT    : Mulai Terlihat
BT     : Belum Terlihat
Sikap Santun
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
Keterangan
SM      : Sudah Membudaya
MB      : Mulai Berkembang
MT      : Mulai Terlihat
BT       : Belum terlihat




Penilaian sikap dihitung menggunakan rumus sebagai berikut:
Nilai =   x 100

b.        Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian    : test tertulis (pilihan ganda)
Bobot tiap soal           : 10
Nilai =   x 100
No.
Nama
Skor
1


2


3


Dst



c.         Penilaian Keterampilan
Keterampilan Mengomunikasikan
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria 
Keterangan
SB       : Sangat Baik
B         : Baik
C         : Cukup
PB       : Perlu Bimbingan




Penilaian Keterampilan dihitung menggunakan rumus sebagai berikut:

Nilai =   x 100
IPA
Tugas peserta didik menjawab pertanyaan dan mengomunikasikan hasilnya dinilai menggunakan rubrik
Kriteria
Sangat Baik

(4)
Baik

(3)
Cukup

(2)
Perlu Bimbingan
(1)
Penerapan konsep
Memperhatikan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung dan menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar.
Memperhatikan pemahaman konsep dengan menjunjukkan bukti pendukung namun perlu bantuan saat menyampaikan pemahama inti dari konsep yang sedang dipelajari.
Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti yang terbatas dan penyampaian pemahaman inti dari konsep tidak jelas.
Perlu bimbingan saat penyampaian bukti dan pemahamana inti dari konsep yang dipelajari.
Komunikasi
Hasil percobaan disampaikan dengan jelas, obyektif dengan didukung data penunjang.
Hasil percobaan disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data penunjang.
Hasil percobaan disampaikan dengan jelas namun hanya didukung sebagian kecil data penunjang.
Hasil percobaab disampaikan dengan kurang jelas dan tanpa data penunjang.
Prosedur dan strategi
Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis dan strategi yang digunakan membuat percobaan berhasil.
Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara asistematis namun masih membutuhkan bimbingan dalam menentukan strategi agar percobaan berhasil.
Sebagian besar data dicatat, langkah kegiatan dan strategi dilakukan secara sistematis setelah mendapat bantuan.
Sebagian kecil data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis dan strategi yang dipilih tidak tepat.

Bahasa Indonesia
Tugas peserta didik menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap paragraf dinilai menggunakan rubrik.
Kriteria
Sangat Baik

(4)
Baik

(3)
Cukup

(2)
Perlu Bimbingan
(1)
Gagasan pokok
Menemukan gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.
Menemukan sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.
Menemukan sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.
Belum dapat menemukan gagasan pokok.
Gagasan pendukung
Menemukan gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.
Menemukan sebagian besar gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.
Menemukan sebagian kecil gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.
Belum dapat menemukan gagasan pendukung.
Penyajian gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran
Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.
Menyajikan sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.
Menyajikan sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.
Belum dapat menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran.
Sikap: Mandiri
Tugas diselesaikan secara mandiri.
Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri.
Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru.
Belum dapat menyelesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan.

No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"