Monday 15 April 2019

Resep Bolu Kukus Mekar

Resep bolu kukus hampir sama dengan bolu susu yang pernah saya posting sebelumnya. Namun ada perbedaan cara dan sedikit bahannya... yuks kita simak cara nya.
Alat yang harus dipersiapkan yaitu mixer dan tempat bolu kukus ukuran sedang (cetakan saya sarankan yang dari plastik saja bisa beli di toko perlengkapan masak yaa dan juga kertas cetakan bolu kukus nya ukuran sedang juga)

Bahan-bahan:
1/4 gula pasir
1/4 terigu
1 butir telur
1/2 bungkus TBM
1 bungkus paneli
1 gelas air putih/ soda
pewarna makanan sesuai selera


nah alat dan bahannya sedikit mirip dengan Resep Bolu Susu Warna-warni perbedaannya untuk resep bolu kukus hanya menggunakan 1 butir telur dan satu gelas air putih atau soda.

Cara membuat:
1. campurkan 1/4 terigu dengan 1 butir telur menggunakan mixer, hingga mengembang dan berwarna putih (putih telur dan kuning telur dimasukan semua)
2. Masukan 1 bungkus paneli dan setengah TBM, aduk hingga mengembang.
3. Turunkan kecepatan mixer, kemudian masukan terigu sedikit demi sedikit dan satu gelas air putih atau air soda (air putih atau soda ini berfungsi agar bolu kukus dapat mekar ya)
4. Ratakan adoan menggunakan sendok, agar adonan terigu tidak ada yang masih menggunduk.
5. ambil beberapa sendok adonan puih pisahkan ke dalam 3 mangkok, beri pewarna makanan untuk adonan 1 (saya menggunakan warna hijau), adonan 2 (saya menggunakan warna merah muda), adonan 3 dibiarkan tetap berwarna putih.
6. Kemudian tuangkan sedikit demi sedikit adonan yang berwarna putih, hijau kemudian merah muda. (kurang lebih bisa menjadi 10-11 bolu kukus)
7. Kukus selama 20 menit

Tips nya seperti biasa, tutup panci yang digunakan dibungkus menggunakan lap kering yaa, agar uap air tidak jatuh pada bolu.

Selamat mencoba semoga bermanfaat, jangan lupa share yaaa :)








No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"