Friday 2 August 2019

RPP KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                    (RPP)

Satuan Pendidikan   : SD
Kelas/Semester        : III (Tiga) / II (Dua)
Tema                        : 6 (Indahnya Persahabatan)
Sub Tema                 : 1 (Temanku Sahabatku)
Pembelajaran           : 1 (Satu)
Muatan Pelajaran     : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP          
Materi Pokok         : Teks surat, satuan waktu, menyelesaikan masalah sehari-hari yang            berkaitan dengan waktu, permainan petak jongkok, menirukan gerakan dalam permainan petak jongkok.
Alokasi waktu          : 5 x 35 Menit (1x Pertemuan)
Hari / Tanggal          : Senin / 29 januari 2018


A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR
       Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator
3.3.   Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1.   Peserta didik dapat merumuskan pertanyaanpertanyaan berdasarkan teks surat tanggapan pribadi.
4.3.   Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan social di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1.   Peserta didik dapat menceritakan kembali isi teks surat tanggapan pribadi berdasarkan pertanyaan yang dibuat.

Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator
3.9.   Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
3.9.1.   Peserta didik dapat menyebutkan satuan waktu yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
4.5.   Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, berat, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
4.5.1.   Peserta didik dapat menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan waktu

SBdP
                       Kompetensi Dasar
Indikator
3.3.   Memahami gerak kuat dan lemah dalam tari dengan menggunakan musik sebagai iringan.
3.3.1.   Peserta didik dapat mengidentifikasi gerak kuat dan gerak lemah berdasarkan pengamatan terhadap alam sekitar.
4.9.   Mengembangkan gerak berdasarkan hasil pengamatan alam sekitar ke dalam bentuk tari bertema.
4.9.1.   Peserta didik dapat menirukan gerak alam hasil pengamatan dari alam sekitar.
       MUATAN BANDUNG MASAGI
       Religius             : Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran
  Bela Negara : Menanamkan tata tertib dan aturan yang berlaku dalam bekerja                                        kelompok dan permainan.
       SBdP                 : Melestarikan permainan tradisioanl.
       Lingkungan       : Membiasakan menjaga lingkungan kelas.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.  Peserta didik dapat merumuskan pertanyaan-pertanyaan berdasarkan teks surat tanggapa pribadi dengan tepat.
2.     Peserta didik dapat menceritakan kembali isi teks surat tanggapan pribadi tentang lingkungan sosial berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang dibuat dengan percaya diri.
3.   Peserta didik dapat menyebutkan satuan waktu yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
4.    Peserta didik dapat menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan waktu dengan teliti.
5.   Peserta didik dapat mengidentifikasi gerak kuat dan gerak lemah berdasarkan pengamatan terhadap alam sekitar dengan tepat.
6.  Peserta didik dapat menirukan gerak alam hasil pengamatan dari alam sekitar dengan kreativitas masing-masing dengan percaya diri.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Surat memiliki beberapa jenis, yaitu surat pribadi, surat resmi, surat dinas, surat lamaran dan surat niaga.
Surat pribadi: Surat pribadi adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang ditunjukan untuk kepentingan pribadi. Biasanya ditunjukan kepada keluarga, orang terdekat, dan sesama teman.

         Ciri-ciri surat pribadi:
1)      Tidak memiliki nomor surat
2)      Tidak menggunakan kop surat
3)      Penggunaan bahasa bebas
4)      Salam pembuka dan penutup juga bervariasi
5)      Format penulisan surat bebas

Bagian-bagian surat pribadi
1)      Tempat, tanggal, bulan, tahun, penulisan surat.
2)      Alamat surat
3)      Salam pembuka
4)      Kalimat pembuka
5)      Isi surat
6)      Kalimat penutup
7)      Salam penutup
8)      Tanda tangan
9)      Nama pengirim

Matematika
 Satuan-satuan waktu yang berlaku di dunia

SBdP
Permainan Petak Jongkok
Permainan petak jongkok adalah permainan yang dilakukan dengan berjonhkok untuk menghindari pengejar. Permainan ini dimainkan oleh banyak anak dan tidak memerlukan alat bantu. Permainan tradisional petak jongkok memiliki nama yang bermacam-macam. Didaerah Purworejo, Jawa Tengah permainan ini disebut Dodokan. Didaerah Purbalingga permainan ini disebut Litunggrok. Gerakan dalam permainan petak jongkok yaitu jongkok, berdiri, berlari, menangkap. Cara bermain petak jongkok:
1.      Tentukan satu orang sebagai pengejar dengan hompimpa
2.   Untuk menghindari pengejar, setiap anak boleh berjongkok. Bila sudah berjongkok berarti pengejar tidak boleh menyentuhnya.
3.      Anak yang berdiri dapat membangunkan anak yang jongkok dengan menyentuhnya.
4.  Apabila anak yang tidak jongkok namun berhasil disentuh oleh pengejar akan menjadi pengejar selanjutnya.
5.     Apabila seluruh anak berjongkok, maka anak yang pertama kali berjongkok menjadi pengejar selanjutnya.

E.     MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan    : Saintifik (Scientific)
Model            : Cooperative Learning Type Teams Games Tournaments (TGT)
Metode          : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, dan Penugasan
Pra PBM        : 3S (Senyum, Sapa, Salam)
Literasi         : Membaca doa sebelum dan sesudah belajar, membaca teks yang terdapat pada buku siswa.

F.     SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber        : Buku Siswa (Kemendikbud. Buku Siswa Kelas 3 Tema 6  Indahnya Persahabatan. Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Halaman 2
Media dan Alat     : Contoh surat pribadi pada buku siswa, gambar jam, jam, garis waktu untuk menyusun satuan waktu, gambar/video permainan petak jongkok.

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
1.      Peserta didik berdoa bersama-sama. Guru bersama peserta didik menyanyikan lagu wajib.
2.      Guru mengondisikan kelas serta mengecek kehadiran peserta didik.
3.      Guru mengajak peserta didik melakukan tepuk semangat untuk mencairkan suasana.
4.      Guru mengingatkan peserta didik tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
5.      Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
6.      Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan belajar tentang surat pribadi, satuan waktu, dan menirukan gerakan pada permaina petak jongkok.
15 Menit
2
Inti
1.      Peserta didik mengerjakan free test
2.      Salah satu peserta didik diminta membaca nyaring teks tentang sahabat pena di buku siswa.
3.      Semua peserta didik membaca teks surat yang dikirimkan oleh sahabat pena Dayu di dalam hati.
4.      Peserta didik menuliskan pertanyaan yang mungkin muncul setelah membaca teks tersebut. Pertanyaan yang ditulis dapat berupa pertanyaan terbuka.
Misal: Sejak kapan Dayu dan Sindai, sahabat penanya berkirim surat?
Dari mana Dayu mengenalnya?
Apakah Dayu dan Sindai pernah bertemu?
5.      Peserta didik menuliskan isi surat Sindai dengan bahasanya sendiri.
6.      Peserta menulis dengan bahasa yang santun.
7.      Untuk melakukan kegiatan ini, guru meminta peserta didik untuk menutup halaman surat Sindai.
8.      Guru meminta salah satu peserta didik membaca surat balasan dari Dayu untuk Sindai
9.      Guru membahas hubungan antar satuan waktu yang berlaku di dunia.
10.  Peserta didik menyimak konversi antar satuan waktu.
11.  Peserta didik diberikan pertanyaan:
Satuan waktu manakah yang paling lama?
Satuan waktu mana yang paling singkat?
12.  Menyusun satuan-satuan waktu pada garis waktu mulai dari satuan waktu yang paling singkat hingga satuan waktu yang paling lama.
13.  Guru dan peserta didik mendiskusikan jawaban-jawaban peserta didik.
14.  Peserta didik diminta mengamati gambar/video bermain Petak Jongkok
15.  Peserta didik menjawab pertanyaan tentang permainan Petak Jongkok.
16.  Peserta didik menirukan gerakan-gerakan permainan Petak Jongkok ke dalam tarian.
17.  Peserta didik mengerjakan soal LKPD.
145 Menit
3
Penutup
1.      Guru menanyakan bagaimana perasaan peserta didik setelah mengikuti seluruh kegiatan. Peserta didik mengerjakan post test
2.      Guru memberi kesempatan beberapa peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya.
3.      Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran.
4.      Peserta didik mendengarkan penjelasan guru beberapa hal yang menjadi catatan evaluasi selama kegiatan belajar.
5.      Peserta didik diberi tindak lanjut berupa tugas dan memperlajari materi selanjutnya.
6.      Peserta didik berdoa bersama-sama
7.      Guru mengucapkan salam penutup.
15 Menit

H.    PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.      Teknik Penilaian        
Penilaian Sikap                       : Observasi selama kegiatan menggunakan lembar
                                                 observasi
Penilaian Pengetahuan           : Tes tertulis pada lembar kerja
Penilaian Keterampilan          : Unjuk Kerja

2.      Bentuk Instrumen Penilaian
A.    Penilaian Sikap
1)      Penilaian sikap santun dilakukan saat kegiatan menulis bagian-bagian surat pribadi dengan bahasa sendiri yang santun.
2)      Penilaian sikap teliti dilakukan saat kegiatan belajar membaca dan menentukan jam.
3)      Penilaian sikap percaya diri dilakukan saat kegiatan meniru gerakan berdasarkan pengamatan terhadap permainan Petak Jongkok.
PENILAIAN SIKAP
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria

Keterangan
K       : Kurang
C       : Cukup
B       : Baik              
SB     : Sangat Baik  

B.     Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:
·      Membuat pertanyaan berdasarkan teks surat tanggapan pribadi
·      Menjawab pertanyaan tentang satuan waktu dan menyelesaikan soal cerita tentang satuan waktu pada kehidupan sehari-hari
·      Menjawab pertanyaan tentang permainan petak jongkok

             Nilai Akhir (NA) =    x 100

C.     Penilaian Keterampilan
Rubrik Penilaian Keterampilan Bahasa Indonesia
Menceritakan isi surat tanggapan pribadi.
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Kesesuaian
dengan teks.
Cerita yang
ditulis sesuai
dengan teks.
Cerita yang ditulis sesuai dengan teks dengan penambahan dan pengurangan yang tidak mengubah isi teks.
Cerita yang ditulis merujuk pada teks dengan penambahan dan pengurangan.
Cerita yang ditulis tidak sesuai dengan teks.
Keaslian
redaksi cerita.
Pilihan kata
dalam cerita
autentik.
Pilihan kata
yang digunakan
lebih banyak
redaksi sendiri
(autentik).
Menggunakan
kata-kata dari
teks dengan
gaya bahasa
sendiri.
Menggunakan
seluruh kata
dari teks.




Rubrik Penilaian Keterampilan Matematika
Menggambar jam berdasarkan waktu yang ditentukan
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Akurasi (ketepatan) urutan satuan waktu.
Seluruh satuan waktu tersusun dalam urutan yang benar.
Dua satuan waktu tidak
tepat urutannya.
Tiga satuan
waktu tidak
tepat urutannya.
Empat satuan
waktu tidak
tepat urutannya.
Akurasi
(ketepatan)
penempatan
satuan waktu
dalam garis.
Seluruh satuan waktu pada posisi yang tepat.
Dua satuan
waktu tidak
tepat posisinya.
Tiga satuan
waktu tidak
tepat posisinya.
Empat satuan
waktu tidak
tepat posisinya.

Rubrik Penilaian Keterampilan SBdP
Menirukan gerakan-gerakan berdasarkan pengamatan terhadap permainan Petak Jongkok
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
Keaslian dan kesesuaian
dengan tema.
Peserta didik menari dengan gerakan-gera an ciptaan sendiri yang sesuai dengan pengamatan permainan Petak Jongkok.
Peserta didik menari
Dengan gerakan-gerakan
Improvisasi dari gerakan teman yang sesuai dengan pengamatan permainan Petak Jongkok.
Peserta didik menari
Dengan gerakangerakan meniru gerakan teman yang sesuai dengan pengamatan permainan Petak Jongkok.
Peserta didik belum dapat menarikan
gerakan yang sesuai dengan pengamatan permainan Petak Jongkok walau dengan bimbingan penuh dari guru.
Konsistensi
gerakan.
Peserta didik menari dengan ragam gerakan yang konsisten dari awal hingga akhir.
Peserta didik menarikan sebagian besar gerakan dengan konsisten.
Peserta didik menarikan separuh gerakan tarian dengan konsisten.
Peserta didik belum dapat menari dengan gerakangerakan konsisten.
Kepercayaan
diri.
Peserta didik dapat menari secara individu dan kelompok dengan percaya diri.
Peserta didik dapat menari secara kelompok dengan percaya diri.
Peserta didik dapat menari dengan motivasi dan dorongan dari guru.
Peserta didik belum dapat menari dengan percaya diri walau dengan motivasi dan dorongan penuh dari guru.





                                    


No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"