Wednesday 29 July 2015

Tips dan Trik Mengajari Anak Membaca


Mengajarkan anak untuk membaca bukan hal yang sulit, apalagi jika kita melakukannya dengan penuh kesabaran yang akan membuat sang anak menjadi semangat untuk belajar bersama kita. Kita juga tidak boleh hanya mengandalkan proses belajar di Sekolah Dasar atau di Taman Kanak-kanak saja, sebaiknya manfaatkanlah waktu luang untuk mengajari anak belajar membaca dirumah. Sebelum saya membahas tentang cara mengajarkan membaca pada anak seharusnya kita simak dulu hal-hal yang harus kita perhatikan ketika membimbing anak untuk belajar membaca:
1. Jangan memaksa anak untuk belajar
Memaksa atau bahkan memarahinya bukan menjadi cara yang baik, nah sebaiknya kita membujuknya dengan baik.

2. Membuat suasana belajar menjadi santai
Suasana belajar yang nyaman juga akan membuat anak menjadi rileks dalam belajar, bisa dengan cara mendekorasi ruangan belajar anak dengan aneka hiasan dinding yang disukai oleh anak, seperti tempelan-tempelan huruf dari A sampai Z dengan warna yang berwarna-warni.

3. Jangan terlalu lama dalam belajar
Kemampuan setiap anak pasti berbeda-beda, ada anak yang kuat hinnga belajar berjam-jam lamanya namun ada juga anak yang gampang bosan dalam belajar, jadi sebaiknya atur waktu untuk mengajari anak belajar.

4. Ketahui suasana hati anak
Anak yang ceria biasanya akan semakin semangat untuk belajar, jadi usahakan mengajari anak ketika sang anak sedang mempunyai keceriaan yang baik sehingga proses belajar membacapun akan semakin lancar.

Langsung saja saya akan berbagi tentang tips dan trik mengajari anak membaca.
1. Ajari anak untuk mengenal abjad A-Z
Cara untuk mengajarinya bisa dengan memberikan lagu sehingga anak belajar sambil menghafal abjad, cara ini akan membuat anak lebih mudah untuk mengingatnya.

2. Mengajarkan membaca suku kata
Sebaiknya jangan langsung mengajarkan anak untuk membaca secara satu kata sekaligus atau bahkan satu kalimat penuh, sang anak tentu akan kebingungan karena jika yang dia kuasai baru saja huruf abjad A-Z. Seharusnya kita mengajarkan suku kata terlebih dahulu.

3. Membaca satu kalimat secara berulang
Setelah bisa membaca setiap kata selanjutnya ajarkan anak untuk membaca kalimat-kalimat yang sederhana saja dulu, ingat kita tidak harus menjelaskan tentang arti tersebut terlebih dahulu, kita cukup fokus untuk mengajarinya membaca.

4. Membaca satu kalimat sederhana
Langkah selanjutnya ajari anak untuk membaca kalimat-kalimat yang sederhana, contohnya seperti: 
''Ibu pergi ke pasar''
''Ayah pergi ke kantor''
''Adik sedang belajar''
Lakukan latihan seperti di atas secara berulang kali hingga anak benar-benar lancar dalam membaca.

5. Membaca satu paragraf sederhana.
Untuk tahap yang kelima yaitu mengajarinya membaca satu paragraf, pastinya akan sangat mudah jika anak sudah menguasai cara yang ke satu hingga yang ke empat. Buatlah satu paragraf sederhana saja kemudian mintalah anak untuk membacanya secara nyaring sehingga jika dia mendapatkan kesulitan atau mendapatkan kesalahan membaca kita bisa mengetahuinya dan mengarahkannya menjadi benar.

6. Sediakan bacaan yang menarik
Setelah tahap di atas dilakukan selanjutnya kita harus membuat anak menjadi lebih senang dan tertarik untuk membaca setiap hari sehingga anakpun dapat membaca dengan lancar, yaitu dengan cara menyiapkan buku dengan dilengkapi gambar untuk anak yang bisa menarik minat anak untuk terus membaca.


2 comments:

  1. Nah memang benar sebaiknya mengajari anak itu dimulai dari hal yang mudah dan sederhana sehingga si anak akan menyenanginya dan tidak akan terbebani untuk belajar dengan mengajarkan prinsip belajar adalah hal yang menyenangkan itu akan lebih mudah dan si anak akan menjadi lebih antusias dalam belajar

    ReplyDelete
  2. iya terimakasih telah membaca postingan ini, semoga bermanfaat ya

    ReplyDelete

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"