Monday 6 July 2015

Cara Cepat Mengajar Matematika Dasar (Perkalian dan Pembagian) pada Anak

Mengajarkan matematika pada Anak sangat penting apalagi dimulai dari matematika dasar yang nantinya akan menjadi pondasi pada pembelajaran matematika selanjutnya. Apalagi jika sang Ibu mengajarkannya sebelum anak masuk ke Sekolah Dasar jadi ketika masuk SD sang anak sudah pandai berhitung. Mengajarkan perkalian dan pembagian ternyata tidak akan semudah mengajarkan pertambahan dan pengurangan karena memang perkalian dan pembangian lebih sulit dari pada pertambahan dan pengurangan.


Perkalian dapat diartikan sebagai pelipatgandaan angka sesuai dengan angka lainnya, misalkan jika 2x3 kita lipatgandakan angka 3 sebanyak 2 kali. Namun untuk anak SD kelas bawah atau anak yang belum masuk sekolah kita harus lebih jelas dalam mengajarkannya, sama seperti Cara Cepat Mengajar Matematika Dasar (Penjumlahan dan Pengurangan) pada Anak yang menggunakan alat peraga dan soal-soal berbentuk cerita yang bisa membantu anak agar lebih paham dalam proses pembelajarannya, mengajar perkalian dan pembagian juga harus menggunakan alat peraga dan soal-soal cerita yang bisa membuat anak senang untuk belajar matematika.

Langsung saja saya akan membahasnya yang pertama yaitu mengajar perkalian, jika anak sudah benar-benar hafal tentang angka dan menguasai penjumlahan dan pengurangan maka mengajarkan perkalian tidak akan begitu sulit.

Perkalian
Misalnya untuk 2x3=....
Kita jelaskan pada anak agar melipatgandakan angka 3 sebanyak 2 kali yaitu menjadi 3+3=6 jadi 2x3=6
Perhatikan gambar

atau bisa dengan cara soal cerita, berikut saya akan memberikan contoh soal cerita dan penyelesaiannya untuk perhitungan perkalian

Contoh soal cerita perkalian :
1. Ani mempunyai 3 kotak  coklat masing-masing dari kotak tersebut berisi 3 batang coklat jadi berapa batang coklat yang dimiliki oleh Ani?

Penyelesaian gambar :

Penjelasan : Dengan cara ini maka anak akan merasa senang saat belajar menghitung, kita bisa menggunkan coklat dan kotak sebagai alat peraga atau hanya menggunakan gambar saja.

Pembagian
Pembagian merupakan kebalikan dari perkalian yaitu suatu bilangan yang di bagi rata sesuai dengan bilangan pembaginya menjadi angka yang lebih kecil lagi. Sama halnya dengan perkalian, mengajarkan pembagian pada anak juga akan membuat anak lebih paham bila menggunakan alat peraga dan soal cerita.

Misalnya untuk soal 8:2=.....
Contoh soal cerita:
Budi mempunyai 8 coklat lalu budi membagi coklat tersebut pada 2 orang adiknya,berapa banyak coklat yang didapatkan oleh masing-masing adik budi?

Penyelesaian:
Kita jelaskan bawah 8 akan kita bagi menjadi 2 bagian yaitu menjadi 8:2=4

kemudian minta anak untuk membaginya kedalam 2 kotak dan dibaginya harus sama rata, perhatikan gambar berikut

Kemudian mintalah anak untuk menghitung jumlah yang ada di masing-masing kotak berwarna ungu dan pink, lalu jelaskan bahwa jumlah coklat dari masing-masing kotak tersebut merupakan hasil dari 8:2 =4

Sekian dan terima kasih, semoga bisa bermanfaat.



6 comments:

  1. Wah inovatif sekali caranya, saya sampai tidak terpikirkan ada cara menghitung seperti ini. Saya yakin dengan metode ini pasti menghitung operasi dasar matematika akan menjadi lebih mudah

    ReplyDelete
  2. Terimakasih, semoga tips mengajarnya bisa bermanfaat yaa

    ReplyDelete
  3. keren sekali tipsnya! kebetulan sdgh mulai putus asa ngajarin anak perkalian dan pembagian. kl pakai cara ini anak lbh mudah mengerti sepertinya. thx sdh berbagi

    ReplyDelete
  4. Ilmu Cara Cepat Mengajar Matematika Dasar ini sudah saya coba dan ternyata setelah direncanakan dengan matang dan tertulis dalam RPP Matematika Kurikulum 2013 saya, alhamdulillah anak-anak responnya menggembirakan.

    ReplyDelete
  5. terimakasih saran dan komentarnya, semoga menjadi bahan perbaikan untuk menulis lebih baik lagi :)

    ReplyDelete

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"