Thursday 22 November 2018

RPP KELAS IV TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 REVISI 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan   : SD 
Kelas / Semester      : IV (Empat) / I (Satu)
Tema                        : 1 (Indahnya Kebersamaan)
Subtema                   : 2 (Kebersamaan dalam Keberagaman)
Pembelajaran            : 1 (Satu)
Muatan Pelajaran      : Bahasa Indonesia, IPA, IPS                          
Materi Pelajaran     :  Gagasan pokok dan gagasan pendukung, sumber bunyi dan proses terjadinya bunyi, keberagaman agama
Alokasi Waktu         : 6 x 35 Menit (1x Pertemuan)

A.      KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetagga.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

  
B.       TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Setelah membaca teks “Bekerja sama dalam Keberagaman”, peserta didik mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.
2.      Setelah mengamati teks “Bekerja sama dalam Keberagaman”, peserta didik dapat menjelaskan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan tepat.
3.      Setelah membaca teks “Bekerja sama dalam Keberagaman”, peserta didik mampu menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan benar.
4.      Setelah membaca teks “Bekerja sama dalam Keberagaman”, peserta didik mampu menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
5.      Setelah percobaan tentang sumber bunyi, peserta didik mampu mengidentifikasi sumber bunyi hingga ke indera pendengaran dengan benar.
6.      Setelah melakukan percobaan tentang sumber bunyi, peserta didik mampu menjelaskan proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera pendengaran dengan runtut.
7.      Setelah melakukan percobaan tentang sumber bunyi, peserta didik mampu menyimpulkan proses terjadinya bunyi hingga ke indera pendengaran dengan runtut.
8.      Setelah melakukan percobaan tentang sumber bunyi, peserta didik mampu menyajikan laporan tentang proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indra pendengaran dengan sistematis.
9.      Setelah diskusi dan membaca teks “Bekerja sama dalam Keberagaman”, peserta didik mampu mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya dengan benar.
10.  Setelah diskusi dan membaca teks “Bekerja sama dalam Keberagaman”, peserta didik mampu menjelaskan pengalaman sikap toleransi dan kerja sama antar teman berbeda agama sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.
11.  Setelah diskusi dan membaca teks “Bekerja sama dalam Keberagaman”, peserta didik mampu menyimpulkan pengalaman sikap toleransi dan kerja sama antar teman yang berbeda agama sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.
12.  Setelah diskusi dan membaca teks “Bekerjasama dalam Keberagaman”, peserta didik mampu mengomunikasikan pengalaman sikap toleransi dan kerja sama antar teman berbeda agama sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.

C.      KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR
       Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1.   Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
3.1.1.   Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
3.1.2.   Menjelaskan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
4.1.   Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan.
4.1.1.   Menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
4.1.2.   Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.

 IPA
                       Kompetensi Dasar
Indikator
3.6.   Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitanyya dengan indera pendengaran.
3.6.1.   Mengidentifikasi sumber bunyi hingga ke indera pendengaran.
3.6.2.   Menjelaskan proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera pendengaran.
4.6.   Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
4.6.1.   Menyimpulkan proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera pendengaran.
4.6.2.   Menyajikan kesimpulan dari laporan tentang proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera pendengaran.

IPS
                       Kompetensi Dasar
Indikator
3.2.   Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
3.2.1.   Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, dari teman-teman yang ada di kelas.
3.2.2.   Menjelaskan pengalaman sikap toleransi dan kerja sama antar teman yang berbeda agama sebagai identitas bangsa Indonesia.
4.2.   Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
4.2.1.   Menyimpulkan pengalaman sikap toleransi dan kerja sama antar teman yang berbeda agama sebagai identitas bangsa Indonesia.
4.2.2.   Mengomunikasikan pengalaman sikap toleransi dan kerja sama antar teman yang berbeda agama sebagai identitas bangsa Indonesia.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
1.         Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis
2.         Menjelaskan gagasan utama dan gagasan pendukung
IPA
1.         Proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera pendengaran.
2.         Melakukan percobaan proses terjadinya bunyi hingga ke indera pendengran
IPS
1.         Pengalaman sikap toleransi dan kerja sama antar teman yang beda agama
2.         Mendiskusikan pentingnya kerjasama dan saling menghargai dalam keberagaman

E.     PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1.         Pendekatan   : Saintifik (Scientific)
2.         Model           : Discovery Learning
3.         Metode         : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan

F.       MEDIA PEMBELAJARAN
Alat musik tradisional daerah setempat yang ada di sekitar untuk percobaan sumber bunyi.
                                                                                   
G.      SUMBER BELAJAR
Afriki, dkk. (2017). Buku Guru Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hlm. 81-92.
Afriki, dkk. (2017). Buku Siswa Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hlm. 74-84.


H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
Mengondisikan
1.      Peserta didik berdoa bersama-sama.
2.      Pendidik mengondisikan kelas serta mengecek kehadiran peserta didik.
3.      Peserta didik dibagi kedalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 peserta didik.
4.      Peserta didik menyanyikan lagu Indonesia Raya.
Orientasi
5.      Pendidik menyampaikan kompetensi dan tujuan pembelajaran.
6.      Pendidik menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran bahwa hari ini mereka akan belajar tentang gagasan pokok dan pendukung, bunyi, kerjasama dan saling menghargai dalam keberagaman.
Apersepsi
7.      Pendidik mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman peserta didik.
Motivasi
8.      Pendidik memotivasi peserta didik dengan melakukan tepuk semangat.
15 Menit
2
Inti
Stimulation (Stimulasi)
1.      Peserta didik diberikan soal pre test.
2.      Pendidik menyampaikan tentang keragaman budaya dan suku yang menjadi identitas bangsa Indonesia, bahwa Indonesia memiliki beragam budaya dan suku bangsa.
3.      Pendidik penyampaikan pertanyaan pembuka.
-          Siapa diantara kaliam yang beragama Islam? Kristen Protestan? Katolik? Hindu? Budha?
-          Siapa diantara kalian yang berbeda asal daerah?
-          Bagaimana sikap kalian kepada teman-teman yang berbeda agama dan asal daerah?
Problem Statement (Identifikasi Masalah)
4.      Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan pendidik.
5.      Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan pengalaman mereka saat berinteraksi dengan teman yang memiliki agama dan asal daerah yang berbeda dalam kelompok.
Data Collection (Pengumpulan Data)
6.      Peserta didik secara berkelompok mencari informasi tentang sikap yang harus dimiliki terhadap keberagaman dalam kebersamaan seperti membaca buku dan saling berdiskusi dengan kelompok untuk mendapatkan informasi yang ingin didapatkan.
7.      Peserta didik secara berkelompok menuliskan hasil diskusi pada kertas yang telah disiapkan pendidik.
8.      Peserta didik diminta untuk membaca teks “Bekerjasama dalam Keberagaman”.
9.      Peserta didik diminta menemukan gagasan utama dan gagasan pendukung dari paragraf kesatu, kedua, dan ketiga, kemudian menuliskan pada diagram.
10.  Peserta didik menuliskan gagasan utama dan pendukung.
11.  Peserta didik menyajikan gagasan utama dan pendukung dari setiap paragraf secara lisan di depan kelas.
Data Processing (Pengolahan Data)
12.   Pendidik menjelaskan bahwa dalam keberagaman kita harus saling menghargai salah satunya dengan cara mendengar dan menghargai pendapat teman walaupun berbada dengan pendapat kita.
13.  Pendidik menjelaskan bahwa indera pendengaran adalah telinga yang berfungsi untuk mendengarkan bunyi.
14.  Peserta didik secara berkelompok melakukan percobaan sederhana untuk membuktikan tentang asal sumber bunyi hingga sampai ke telinga pendengar.
15.  Peserta didik mengidentifikasi sumber bunyi hingga sampai ke telinga pendengar.
16.  Peserta didik menuliskan laporan tentang sumber bunyi berdasarkan hasil percobaan pada LKPD.
17.  Peserta didik menjelaskan proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera pendengar.
18.  Peserta didik diingatkan kembali tentang keberagaman dalam kebersamaan.
19.  Peserta didik membaca senyap teks tentang sikap toleransi dan kerjasama antar pemeluk dan asal daerah yang berbeda.
20.  Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan sikap yang bisa ditauladani dari isi cerita tersebut.
21.  Peserta didik menjawab pertanyaan tentang sikap toleransi dan kerjasama.
Verification (Pembuktian)
22.  Peserta didik mencocokan hasil percobaan tentang pembuktian sifat bunyi dengan materi yang mereka ketahui.
23.  Peserta didik juga mencocokan informasi yang diperoleh dari temannya.
24.  Peserta didik saling memberi komentar positif.
Generalization (Menarik Kesimpulan)
25.  Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi tentang pembuktian sifat bunyi di depan kelas.
26.  Pendidik mengkonfirmasi kesimpulan dan hasil diskusi peserta didik.
27.  Pendidik memberikan apersepsi berupa pujian kepada peserta didik yang sudah berani menyampaikan kesimpulan hasil diskusi.
180 Menit
3
Penutup
1.      Pendidik menanyakan bagaimana perasaan peserta didik setelah mengikuti seluruh kegiatan.
2.      Pendidik memberi kesempatan kepada beberapa peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya.
3.      Peserta didik dengan bimbingan pendidik menyimpulkan pembelajaran hari ini.
4.      Peserta didik mengerjakan soal latihan berupa post test.
5.      Peserta didik mendengarkan penjelasan pendidik beberapa hal yang menjadi catatan selama kegiatan belajar.
6.      Peserta didik diberi tindak lanjut berupa tugas dan mempelajari materi selanjutnya.
7.      Peserta didik menyanyikan lagu daerah Manuk Dadali
8.      Peserta didik berdoa bersama-sama.
15 Menit

I.         PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.         Teknik Penilaian
Penilaian sikap                : Observasi selama kegiatan
Penilaian pengetahuan    : Test tertulis (pilihan ganda)
Penilaian keterampilan    : Unjuk kerja

2.      Bentuk Instrumen Penilaian
a.         Penilaian Sikap
Sikap Peduli
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
Keterangan
SM    : Sudah Membudaya
MB   : Mulai Berkembang
MT    : Mulai Terlihat
BT     : Belum Terlihat
Sikap Santun
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
Keterangan
SM      : Sudah Membudaya
MB      : Mulai Berkembang
MT      : Mulai Terlihat
BT       : Belum terlihat

Penilaian sikap dihitung menggunakan rumus sebagai berikut:

Nilai =   x 100

b.        Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian  : test tertulis (pilihan ganda)
Bobot tiap soal         : 10
Nilai =   x 100
No.
Nama
Skor
1


2


3


Dst






c.         Penilaian Keterampilan
Keterampilan Mengomunikasikan
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria  
Keterangan
SB     : Sangat Baik
B       : Baik
C       : Cukup
PB     : Perlu Bimbingan
Penilaian Keterampilan dihitung menggunakan rumus sebagai berikut:
Nilai =   x 100

Diskusi
Saat peserta didik melakukan diskusi tentang peta pikiran mengapa penting menjaga kelestarian dan sumber daya alam
Kriteria
Sangat Baik

(4)
Baik

(3)
Cukup

(2)
Perlu Bimbingan
(1)
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.
Asih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara).
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjuukkan teman.
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
Partisipasi menyampaikan ide, perasaan, pikiran.
Isi pembicaraan mengispirsi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.
Berbicara dan menerapkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung.

Bahasa Indonesia
Tugas peserta didik menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap paragraf dinilai menggunakan rubrik.
Kriteria
Sangat Baik

(4)
Baik

(3)
Cukup

(2)
Perlu Bimbingan
(1)
Gagasan pokok
Menemukan gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.
Menemukan sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.
Menemukan sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.
Belum dapat menemukan gagasan pokok.
Gagasan pendukung
Menemukan gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.
Menemukan sebagian besar gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.
Menemukan sebagian kecil gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.
Belum dapat menemukan gagasan pendukung.
Penyajian gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran
Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.
Menyajikan sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.
Menyajikan sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.
Belum dapat menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran.
Sikap: Mandiri
Tugas diselesaikan secara mandiri.
Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri.
Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru.
Belum dapat menyelesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan.

IPS
Tugas peserta didik menemukan dan menuliskan informasi tentang sikap toleransi dan kerja sama antar umat beragama, serta mengomunikasikannya.
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan
(1)
Informasi tentang sikpa toleransi dan kerja sama antar umat agama
Menuliskan informasi tentang pengalaman melakukan sikap toleransi dan kerjasama antar teman berbeda agama dengan sistematis.
Menuliskan informasi tentang pengalaman melakukan sikap toleransi dan kerjasma antar teman berbeda agama dengan cukup sistematis.
Menuliskan informasi tentang pengalaman melakukan sikap toleransi dan kerjasama antar teman berbeda agama dengan kurang sistematis.
Belum dapat menuliskan informasi tentang pengalaman melakukan sikap toleransi dan kerjasama antar teman berbeda agama.
Komunikasi lisan tentang sikap toleransi dan kerja sama antar umat agama
Mengomunikasikan pengalaman melakukan sikap toleransi dan kerjasama 
antar teman berbeda agama Menuliskan informasi tentang pengalaman dengan sistematis.
Mengomunikasikan pengalaman melakukan sikap toleransi dan kerjasama antar teman berbeda agama dengan cukup sistematis.
Mengomunikasikan pengalaman melakukan sikap toleransi dan kerjasama antar teman berbeda agama dengan kurang sistematis.
Belum dapat mengomunikasikan pengalaman melakukan sikap toleransi dan kerjasama antar teman berbeda agama.
Sikap kerjasama
Menunjukkan sikap kerjasama dengan semua teman secara konsisten.
Menunjukkan sikap kerjasama dengan semua teman, namun belum konsisten.
Menunjukkan sikap kerjasama hanya dengan beberapa teman.
Perlu dimotivasi untuk dapat bekerjasama.
Sikap mengenai makanan tradisional
Mau mencoba makanan tradisional dan menunjukkan sikap bangga dengan keragaman budaya Indonesia.
Mau mencoba makana tradisional dan tampak cukup bangga dengan keragaman budaya Indonesia.
Dimotivasi untuk mau mencoba 
makanan tradisional Indonesia.
Belum mau mencoba makanan tradisional Indonesia.


IPA
Tugas peserta didik menjelaskan dan menyajikan laporam hasil percobaan tentang proses terjadinya bunyi.
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan
(1)
Proses terjadinya bunyi sumber bunyi
Menjelaskan semua proses terjadinya bunyi dengan runtut dan benar.

Mengidentifikasi semua sumber bunyi dengan tepat.
Menjelaskan semua proses terjadinya bunyi dengan benar, meski kurang runtut.

Mengidentifikasi sebagian besar sumber bunyi dengan tepat.
Menjelaskan sebagian proses terjadinya bunyi dengan runtut dan benar.

Mengidentifikasi sebagian kecil sumber bunyi dengan tepat.
Belum mampu menjelaskan proses terjadinya bunyi.

Belum mampu mengidentifikasi sumber bunyi dengan tepat.
Laporan percobaan tentang proses terjadinya bunyi dan sumber bunyi
Manyajikan laporan percobaan tentang proses terjadinya bunyi dan sumber bunyi dengan sistematis.
Menyajikan laporan percobaan tentang proses terjadinya bunyi dengan cukup sistematis.
Menyajikan laporan percobaan tentang proses terjadinya bunyi dengam kurang sistematis.
Belum mampu menyajikan laporan percobaab tentang proses terjadinya bunyi dan sumber bunyi.
Sikap rasa ingin tahu
Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan.
Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.
Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.
Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi utuk mengajukan ide dan pertanyaan.

Percobaan IPA
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan
(1)
Penerapan konsep
Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung dan menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar.
Memperhatikan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung namun perlu bantuan saat menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari.
Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti yang terbatas dan penyampaian pemahaman inti dari konsep tidak jelas.
Perlu bimbingan saat menyampaikan butki dan pemahaman inti dari konsep yang dipelajari.
Komunikasi
Hasil percobaan disampaikan dengan jelas, obyektif dengan didukung data penunjang.
Hasil percobaan disampaikan dengan jelas dan didukung sebagai data penunjang.
Hasil percobaan disampaikan dengan jelas, namun hanya didukung sebagian kecil data penunjang.
Hasil percobaan disampaikan dengan  kurang jelas dan tanpa data penunjang.
Prosedur dan strategi
Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis dan strategi yang digunakan membuat percobaan.
Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis, namun masih membutuhkan bimbingan dalam menemukan strategi agar percobaan berhasil.
Sebagian besar data dicatat, langkah kegiatan dan strategi dilakukan secara sistematis setelah mendapat bantuan guru.
Sebagian kecil data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis dan strategi yang dipilih tidak tepat.




Lampiran
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

Kelas                      : IV 
Tema                      : 1 (Indahnya Kebersamaan)
Subtema                 : 2 (Kebersamaan dalam Keberagaman)
Pembelajaran          : 1 (Satu)
Muatan Pelajaran   : IPA

Kompetensi Dasar:
4.6.       Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat bunyi.
Indikator praktik:
4.6.1. Menyimpulkan proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera pendengaran.
4.6.2. Menyajikan laporan tentang proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera pendengaran.

Materi: Percobaan tentang sifat bunyi
Nama Kelompok         : ..................................
Anggota Kelompok    : 1................................
                                      2................................
                                      3................................
                                      4................................  
                                      5................................
                                      6................................







Text Box: Di Manakah Bunyi?
Tujuan: Mengidentifikasi sumber dan tempat bunyi berasal.
Alat dan Bahan: Alat musik tradisional
Langkah Kerja:
1. Duduklah di kursi dan tutup matamu dengan kain. Mintalah temanmu untuk memainkan alat musik tradisional (misalnya angklung) di sekitarmu.
2. Tunjuklah tempat yang kamu anggap sebagai asal bunyi. Berapa kalikah kamu menebak dengan tepat?
 
Ayo kita membuktikannyan dengan melakukan percobaan














Laporan Kegiatan Percobaan
Nama Percobaan:

Tujuan Percobaan:



Alat dan Bahan:



Langkah Kerja:



Hasil Percobaan:



Kesimpulan:





Lampiran
BAHAN AJAR

3 comments:

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"