Monday 2 April 2018

RPP KELAS 4 TEMA 7 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2 REVISI 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                    (RPP)

Satuan Pendidikan   : SDN 
Kelas/Semester        : 4 (Satu) / 2 (Dua)
Tema                        : 7 (Indahnya Keragaman di Negeriku)
Sub Tema                 : 2 (Indahnya Keragaman Budaya Negeriku)
Pembelajaran            : 2 (Dua)
Alokasi waktu          : 6 x 35 Menit (1x Pertemuan)
Hari / Tanggal          : Selasa / 23 januari 2018
Muatan Pelajaran      : SBdP, Bahasa Indonesia, IPA
Materi Pokok           : Pola lantai, memperagakan pola lantai, menemukan informasi dari              teks, listrik statis dan dinamis, alat elektronik dan fungsinya
Model Pembelajara n: Discovery Learning

A.    KOMPETENSI INTI
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR
 SBdP
                       Kompetensi Dasar
Indikator
3.3.   Mengetahui gerak tari kreasi daerah.
3.3.1.   Peserta didik dapat menjelaskan gerak tari kreasi daerah.
4.3.   Memperagakan gerak tari kreasi daerah.
4.3.1.   Peserta didik dapat memperagakan gerak tari kreasi daerah.
  

     Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator
3.7.   Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
3.7.1.      Peserta didik dapat menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks
4.7.   Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
4.7.1.   Peserta didik dapat membedakan pengertian listrik statis dan listrik dinamis  dengan bahasa sendiri.

IPA
Kompetensi Dasar
Indikator
3.3.   Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
3.3.1.   Peserta didik dapat menjelaskan penyebab alat-alat elektronik dapat digunakan sesuai fungsinya dengan tepat.
4.3.   Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
4.3.1.   Peserta didik dapat menyebutkan perubahan energi listrik pada alat-alat elektronik.
4.3.2.   Peserta didik dapat mendemonstrasikan gaya listrik dalam kehidupan sehari-hari.

       MUATAN BANDUNG MASAGI
       Religius             : Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran.
  Bela Negara : Menanamkan tata tertib dan aturan yang berlaku dalam bekerja                                        kelompok.
       Budaya              : Membudayakan tarian dari daerah yang ada di Indonesia.
       Lingkungan       : Membiasakan menjaga lingkungan kelas.
        
C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Setelah mengamati pertunjukan tarian daerah, peserta didik dapat menjelaskan pola lantai dengan benar.
2.      Setelah pertunjukan tarian daerah, peserta didik dapat memperagakan pola  lantai gerakan tarian daerah yang diamatinya dengan percaya diri.
3.      Setelah membaca teks, peserta didik dapat menemukan informasi baru dengan benar.
4.      Setelah menuliskan, peserta didik dapat membedakan pengertian listrik statis dan listrik dinamis dengan bahasa sendiri secara tepat.
5.      Setelah mencermati gambar alat-alat elektronik, peserta didik dapat menjelaskan penyebab alat-alat elektronik dapat digunakan sesuai fungsinya dengan tepat.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
Membaca teks
Pola Lantai Gerak Tari
           Saat penari memeragakan suatu tarian, penari kadang bergerak ke kiri, ke kanan, maju, mundur, atau bergerak membentuk lingkaran. Jika digambarkan, seolah-olah ada satu garis imajiner yang dilalui penari selama menyajikan satu tarian.
           Garis imajiner ini juga dapat kita gambarkan dengan melihat formasi para penari dalam memperagakan tarian. Para penari dapat membentuk formasi garis lurus, lengkung, segitiga, atau lingkaran. Bentuk formasi garis ini dapat berubah-ubah selama penari menampilkan sebuah tarian.
           Garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut pola lantai. Pola lantai juga merupakan garis imajiner yang dibuat oleh formasi penari kelompok. Secara umum, pola lantai berupa garis lurus atau garis lengkung. Bentuk pola garis lurus dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di antaranya horizontal, diagonal, garis lurus ke depan, zig-zag, segitiga, segi empat, dan segi lima. Bentuk pola garis lengkung dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di antaranya lingkaran, angka delapan, garis lengkung ke depan, dan garis lengkung ke belakang.
Perhatikan gambargambar berikut.

Contoh gambar tarian
           Pada teks “Pola Lantai Gerak Tari’ terdapat foto Tari Legong. Penari Tari Legong membawa kipas. Kipas digunakan sebagai penunjang gerak tari dan unsur keindahan penampilan tari. Dalam kehidupan sehari-hari kita menggunakan kipas saat udara panas. Namun, saat ini manusia telah banyak menggunakan kipas angin atau alat pendingin ruangan. Kipas angin dan alat pendingin ruangan merupakan contoh alat elektronik, yaitu alat yang bekerja menggunakan listrik.
Listrik statis dan listrik dinamis
1.      Listrik Statis
Listrik statis (listrik tidak mengalir) adalah listrik yang tidak mengalir dan perpindahan arusnya terbatas. Contohnya adalah ketika kita menyisir rambut, maka tanpa sadar kadang rambut kita akan terbawa berdiri seirng gerakan sisir. Hal ini terjadi karena adanya interaksi antara rambut dengan sisir. Contoh lainnya adalah pada kain sutra yang digosok-gosokkan pada kaca batangan, maka kedua benda tersebut akan bereaksi tarik-menarik. Percobaan yang sama juga ditemui pada penggaris yang digosokkan pada rambut kemudian didekatkan pada potongan kertas kecil-kecil, maka kertas akan tertarik oleh penggaris seakan ada medan magnet yang menariknya.

2.      Listrik Dinamis
Listrik dimanis (listrik mengalir) adalah listrik yang mengalir, sumber arus listrik yang dapat menghasilkan beda potensial yang dapat menyebabkan listrik dapat mengalir. Contoh dari fenomena listrik dinamis salah satunya jika kalian memiliki mainan mobil-mobilan yang menggunakan batu baterai, rangkaian lampu listrik dan lainnya.
3.      Perubahan Energi Listrik
·         Perubahan energi listrik menjadi energi panas, contohnya setrika listrik, kompor listrik, dispenser. Ketika dialiri arus listrik elemen pemanas menjadi panas.
·         Perubahan energi listrik menjadi energi cahaya, contohnya lampu.
·         Perubahan energi listrik menjadi energi gerak, contohnya kipas angin, blender, mesin cuci dan pengering rambut.
·         Perubahan energi listrik menjadi energi bunyi, contohnya radio dan televisi.

E.     METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan    : Saintifik (Scientific)
Model            : Discovery Learning
Metode          : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, dan Penugasan
Pra PBM        : 3S (Senyum, Sapa, Salam)

F.     SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber      : Buku Siswa (Kemendikbud. 2017. Buku Siswa Kelas 4 Tema 7                                           Indahnya Keragaman di Negeriku. Tematik Terpadu Kurikulum                                           2013 revisi 2017. Halaman 57)
Media        : Powert point, video dan foto tarian daerah.
Alat           : Sedotan, botol aqua.

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
1.      Literasi
Peserta didik berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing. Guru bersama peserta didik menyanyikan lagu wajib. Peserta didik membaca teks pada buku.
2.      Guru mengondisikan kelas serta mengecek kehadiran peserta didik.
3.      Guru mengajak peserta didik melakukan tepuk semangat dan meneriakkan yel-yel untuk mencairkan suasana.
4.      Guru mengingatkan peserta didik tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
5.      Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
6.      Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan belajar tentang tarian daerah, menemukan informasi baru dari teks, listrik statis dan dinamis serta perubahan energi pada alat ektronik.
20 Menit
2
Inti
1.      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.
2.      Guru memperlihatkan gambar/video tentang contoh tarian daerah.
3.      Guru membimbing peserta didik mengamati pertunjukan atau peragaan tarian daerah.
4.      Peserta didik mendapat kesempatan untuk menanggapi gambar/video tari daerah tersebut
5.      Peserta didik mengamati pola lantai tarian (formasi serta arah gerak penari) selama peragaan tari.
6.      Peserta didik menggambar pola lantai tarian hasil pengamatannya.
7.      Guru membimbing peserta didik untuk melakukan gerakan demi gerakan tari hingga selesai.
8.      Peserta didik membaca teks tentang pola lantai gerak tari yang ada pada buku siswa.
9.      Guru membimbing peserta didik untuk memperoleh informasi baru dari teks bacaan.
10.  Peserta didik mengerjakan LKPD individu.
11.  Peserta didik mengamati gambar tari Legong dan tari Saman. Selanjutnya, peserta didik menuliskan pola lantai dari kedua tarian tersebut.
12.  Guru menceritakan kepada peserta didik tentang kipas sebagai penunjang gerak pada tari Legong.
13.  Guru membahas masalah kipas dalam kehidupan sehari-hari.
14.  Guru menunjukkan alat elektronik yang memiliki fungsi sama dengan kipas yaitu kipas angin atau pendingin ruangan.
15.  Peserta didik mengidentifikasi sumber gaya yang dapat menyebabkan kipas angin dan pendingin ruangan (AC: air conditoner) dapat bekerja. (Jawaban yang diharapkan: kedua alat tersebut bekerja dengan menggunakan energi listrik).
16.  Guru menuliskan pengertian listrik statis dan listrik dinamis dengan bahasa sendiri dan memberikan contoh gejala lain listrik statis.
17.  Guru meminta peserta didik membacakan tulisannya secara bergantian.
18.  Peserta didik mencermati gambar alat-alat elektronik, seperti lampu senter, kipas angin, setrika, dan lemari pendingin.
19.  Peserta didik secara berkelompok mengerjakan LKPD berdiskusi mengenai listrik statis, dinamis, mendemonstrasikan listrik statis dan mendiskusikan penyebab alat-alat elektronik dapat digunakan sesuai fungsinya. Peserta didik dapat mengamati lingkungan rumah atau sekolah untuk menemukan alat-alat tersebut. Hasilnya ditulis dalam tabel.
20.  Peserta didik menuliskan perubahan energi yang terjadi pada benda elektronik yang telah disebutkan.
140 Menit
3
Penutup
1.      Guru menanyakan bagaimana perasaan peserta didik setelah mengikuti seluruh kegiatan.
2.      Guru memberi kesempatan beberapa peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya.
3.      Peserta didik mendengarkan penjelasan guru beberapa hal yang menjadi catatan evaluasi selama kegiatan belajar berlangsung baik catatan positif maupun negatif.
4.      Salah satu peserta didik diminta memimpin doa.
5.      Guru mengucapkan salam penutup.
15 Menit

H.    PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.      Teknik Penilaian        
Penilaian Sikap                       : Observasi selama kegiatan menggunakan lembar
                                                 observasi
Penilaian Pengetahuan           : Tes tertulis pada lembar kerja
Penilaian Keterampilan          : Penilaian Kinerja
2.      Bentuk Instrumen Penilaian
A.    Pe
B.     nilaian Sikap: Observasi selama kegiatan
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
Keterangan
BT     : Belum Terlihat
MT    : Mulai Terlihat
MB    : Mulai Membudaya
SM    : Sudah Membudaya

C.    Penilaian Pengetahuan
             Nilai Akhir (NA) =    x 100

D.    Penilaian Keterampilan
SBdP
Rubrik memperagakan pola gerakan tari daerah
Aspek
4
3
2
1
Memperagakan pola gerakan tari daerah
Memperagakan tarian daerah dengan pola yang benar, memperagakan gerakan dengan benar dan dengan sangat luwes.
Memperagakan tarian daerah dengan pola yang benar, memperagakan gerakan dengan benar namun tidak luwes.
Memperagakan tarian daerah dengan pola yang benar, memperagakan gerakan dengan benar.
Memperagakan tarian daerah dengan pola yang benar namun gerakan tidak lancar.
Keterangan: 4=Baik sekali  3=baik   2=Cukup   1=Perlu bimbingan


Bahasa Indonesia
Rubrik tugas menentukan pola lantai dua jenis tarian.
Aspek
4
3
2
1
Pemahaman
tentang pola
lantai gerak tari
Memahami
pengertian pola
lantai gerak tari
serta mampu
menuliskan
pengertiannya
dengan bahasa
baku dan mudah
dipahami.
Memahami
pengertian pola
lantai gerak tari
serta mampu
menuliskan
pengertiannya
dengan bahasa
baku, tapi sulit
dipahami.
Memahami
pengertian
pola lantai
gerak tari tetapi
tidak mampu
menuliskan
pengertiannya
dengan bahasa
baku dan sulit
dipahami.
Tidak memahami
pengertian
pola lantai
gerak tari serta
tidak mampu
menuliskan
pengertiannya
dengan bahasa
baku dan mudah
dipahami.
Menentukan dan
menggambarkan
pola lantai dua
jenis tarian
Mampu
menentukan dan
menggambarkan
pola lantai dua
jenis tarian
dengan sempurna.
Mampu
menentukan dan
menggambarkan
pola lantai dua
jenis tarian,
tetapi masih ada
kekurangan.
Mampu
menggambarkan
pola lantai dua
jenis tarian, tetapi
tidak mampu
menentukan
nama pola
lantainya.

Tidak mampu
menentukan dan
menggambarkan
pola lantai dua
jenis tarian.



Keterangan: 4=Baik sekali  3=baik   2=Cukup   1=Perlu bimbingan

IPA
Rubrik mencari informasi tentang alat-alat elektronik serta fungsinya dan membuktikan listrik statis
Aspek
4
3
2
1
Kerja sama
antaranggota
kelompok
Semua anggota
kelompok dapat
bekerja sama
dengan baik.
Sebagian besar
anggota kelompok
dapat bekerja sama
dengan baik.
Hanya sedikit
anggota kelompok
dapat bekerja
sama dengan baik.
Semua anggota
kelompok tidak
dapat bekerja
sama dengan baik.
Banyak informasi
yang diperoleh
Dapat
mengumpulkan
lebih dari 9 macam
alat elektronik dan
fungsinya.
Dapat
mengumpulkan
lebih dari 8 macam
alat elektronik dan
fungsinya.
Dapat
mengumpulkan
lebih dari 7
macam alat
elektronik dan
fungsinya.
Dapat
mengumpulkan
kurang dari 6
macam alat
elektronik dan
fungsinya.
Keterangan: 4=Baik sekali  3=baik   2=Cukup   1=Perlu bimbingan

No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"