Sunday 1 April 2018

RPP KELAS 1 TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2 REVISI 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                    (RPP)

Satuan Pendidikan : SDN 033 ASMI
Kelas/Semester       : I (Satu) / 2 (Dua)
Tema                       : 6 (Lingkungan Bersih Sehat dan Asri)
Sub Tema               : 1 (Lingkungan Rumahku)
Pembelajaran          : 2 (Dua)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Materi Pokok          : Ciri-ciri kalimat petunjuk, mengurutkan kalimat petunjuk
Alokasi waktu        : 5 x 35 Menit (1x Pertemuan)
Hari / Tanggal         : Rabu / 17 januari 2018

A.    KOMPETENSI INTI
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesiaa
Kompetensi Dasar
Indikator
3.8.   Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.8.1.     Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri kalimat ungkapan petunjuk.

4.8.   Mempraktikkan ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.8.1.     Peserta didik dapat mengurutkan suatu kegiatan berdasarkan ungkapan petunjuk yang ada pada potongan-potongan cerita.

       MUATAN BANDUNG MASAGI
       Religius             : Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.
       Bela Negara      : Mengikuti aturan dalam bekerja kelompok dengan baik.
       Budaya              : Berprilaku laku sesuai dengn tata tertib yang berlaku di sekolah.
       Lingkungan       : Membiasakan menjaga lingkungan rumah, kelas dan sekolah.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui tanya jawab peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri kalimat ungkapan petunjuk.
2.      Menggunakan potongan-potongan cerita bergambar peserta didik dapat mengurutkan suatu kegiatan berdasarkan ungkapan petunjuk yang ada pada potongan-potongan cerita.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Ciri-ciri kalimat ungkapan petunjuk
a.       Disusun secara urut atau sistematis
b.      Kalimat perintah
c.       Kalimatnya jelas







2.      Mengurutkan suatu kegiatan berdasarkan ungkapan petunjuk yang ada pada potongan-potongan cerita
Selain mengepel lantai kita juga bisa membantu ibu mencuci piring.
Jangan biarkan piring kotor menumpuk.
Tumpukan piring kotor akan mengundang lalat.
Selain lalat juga akan menimbulkan kuman penyakit.
Akibatnya rumah kita menjadi tidak sehat.
Oleh karena itu, kita harus rajin membersihkan rumah.
Kamu dapat membantu ibu di rumah.
Misalnya, membantu mencuci piring.

E.     SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber                  : Buku Siswa (Kemendikbud. 2017. Buku Siswa Kelas I Tema 6                                            Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri. Tematik Terpadu Kurikulum                                                 2013 revisi 2017. Halaman 9)
Media dan Alat     : Potongan cerita bergambar sebanyak 2 set, lembar kerja menyusun                                      cerita bergambar, kertas karton untuk menempel susunan gambar.

F.     METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan    : Saintifik (Scientific)
Model            : Picture and Picture
Metode          : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, dan Penugasan
Pra PBM        : 3S (Senyum, Sapa, Salam)
Literasi          : Membaca kalimat petunjuk pada buku siswa.
G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
1.      Guru menyapa peserta didik dan mengondisikan kelas serta mengecek kehadiran peserta didik.
2.      Salah seorang peserta didik diminta memimpin doa.
3.      Guru mengajak peserta didik melakukan tepuk semangat dan meneriakkan yelyel untuk mencairkan suasana.
4.      Peserta didik dan guru menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini.
5.      Guru mengingatkan peserta didik tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
6.      Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
7.      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.
15 Menit
2
Inti
1.      Guru menanyakan apakah peserta didik suka membantu orang tua membersihkan rumah. Adakah di antara mereka yang bisa mengepel lantai.
2.      Beberapa peserta didik diberi kesempatan untuk menyampaikan pengalamannya.
3.      Peserta didik memperhatikan cara mengepel lantai seperti yang terdapat pada buku teks yang dilengkapi gambar.
4.      Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang langkah-langkahnya sesuai dengan urutan gambarnya.
5.      Peserta didik diminta mencermati ungkapan petunjuk yang ada.
6.      Guru mengacak kembali urutan gambar tersebut.
7.      Peserta didik diminta maju ke depan kelas untuk mengurutkan gambar petunjuk cara mengepel lantai.
8.      Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang ciri-ciri ungkapan petunjuk dan fungsinya dalam komunikasi sehari-hari.
9.      Setelah peserta didik memahami bagaimana cara mengurutkan cerita bergambar sesuai dengan kalimat petunjuknya, peserta didik mengurutkan cerita gambar yang ada di lembar kerja.
10.  Peserta didik diberi waktu 15 menit untuk mengerjakan LK secara berkelompok.
11.  Setelah waktu yang diberikan habis, setiap kelompok menceritakan gambar yang telah disusun didepan kelas.
12.  Setelah semua kelompok mempresentasikan, peserta didik mengerjakan soal evaluasi secara individu.
145 Menit
3
Penutup
1.      Guru menanyakan bagaimana perasaan peserta didik setelah mengikuti seluruh kegiatan.
2.      Peserta didik bergantian merespons pertanyaan guru.
3.      Peserta didik juga diminta melakukan refleksi diri berdasarkan hasil belajar yang mereka rasakan.
4.      Guru memberi kesempatan beberapa peserta didik untuk menyampaikannya.
5.      Peserta didik mendengarkan penjelasan guru beberapa hal yang menjadi catatan evaluasi selama kegiatan belajar berlangsung baik catatan positif maupun negatif, agar siswa memiliki kepedulian terhadap hal-hal tersebut.
6.      Guru juga memberikan reward kepada peserta didik yang menunjukkan sikap-sikap positif.
7.      Sebelum berdoa guru mengingatkan tentang hal-hal yang harus dilakukan di rumah.
8.      Salah satu peserta didik diminta memimpin doa.
9.      Guru mengucapkan salam penutup.
15 Menit

H.    PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.      Teknik Penilaian        
Penilaian Sikap                       : Pengamatan dan pencatatan sikap siswa selama
                                                 kegiatan belajar menggunakan lembar observasi
Penilaian Pengetahuan           : Tes tertulis
Penilaian Keterampilan          : Unjuk Kerja

2.      Bentuk Instrumen Penilaian
A.    Penilaian Sikap: Observasi selama kegiatan
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria


Keterangan
BT     : Belum Terlihat
MT    : Mulai Terlihat
MB    : Mulai Membudaya
SM    : Sudah Membudaya
B.     Penilaian Pengetahuan
             Nilai Akhir (NA) =    x 100
C.    Penilaian Keterampilan
Menyusun urutan cerita berdasarkan gambar dengan menggunakan kalimat petunjuk
Kriteria
Sangat Baik
(86 – 100)
Baik
(71 – 85)
Cukup
(61 – 70)
Perlu Bimbingan
(60)
Menyusun urutan cerita berdasarkan gambar dengan
menggunakan kalimat petunjuk
Susunan cerita
Bergambar tepat, kalimat petunjuk sesuai gambar, struktur kalimat petunjuk benar, pilihan kata tepat
Susunan cerita bergambar tepat, kalimat petunjuk sesuai gambar, struktur kalimat petunjuk benar, namun pilihan kata kurang tepat
Susunan cerita bergambar tepat, kalimat petunjuk sesuai gambar, struktur kalimat petunjuk kurang tepat, dan pilihan kata kurang tepat
Susunan cerita
Bergambar tidak tepat
Mengetahui,                                                                Bandung, 17 Januari 2018     
Wali Kelas 1 D                                                            Praktikan




.................................................                                   ............................................
NIP.                                                                             NPM 
                                                                
                                                Kepala Sekolah



                                                ...................................................
                                                NIP.
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (KELOMPOK)

Di bawah ini gambar petunjuk cara mencuci piring
Susunan gambar belum berurutan.
Gunting, lalu susunlah secara berurutan.
Tempelkan pada kertas yang sudah disediakan.













LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (KELOMPOK)

Hari / Tanggal             : ..................................
Nama Kelompok         : ..................................
Anggota Kelompok    : 1................................
                                      2................................
                                      3................................
                                      4................................
Petunjuk Cara Mencuci Piring
Susunlah guntingan gambar tersebut dibawah ini!

TEMPEL DISINI
 






TEMPEL DISINI

TEMPEL DISINI

TEMPEL DISINI
 


















LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (INDIVIDU)

Nama               : ..........................................
Kelas               : ..........................................
Hari / Tanggal : ..........................................

Bacalah teks dibawah ini untuk menjawab pertanyaan!
1.      Selain mengepel lantai kita juga bisa membantu ibu dengan cara ........
2.      Tumpukan piring kotor akan mengundang ..........
3.      Rumah kita menjadi tidak sehat dikarenakan oleh .......
4.      Agar rumah sehat kita harus rajin ........















Kunci jawaban Lembar Kerja Peserta Didik (Individu)
1.      Mencuci piring
2.      Lalat
3.      Banyak piring kotor yang mengundang lalat
4.      Membersihkan rumah

No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"