Dampak Negatif dan Positif Handphone bagi Siswa SD
Perkembangan
dunia semakin berkembang dan modern. Berbagai sarana dan prasarana yang
memudahkan untuk bertukar informasi dengan cepat. Komunikasi yang dulunya
memerlukan waktu yang lama dalam penyampaiannya kini menjadi lebih cepat untuk
bertukar informasi yang membuat jarak menjadi terasa sangat dekat. Adapun
perkembangan dalam dunia komunikasi adalah penggunaan alat komunikasi berupa handphone yang bertujuan memudahkan
manusia untuk bertukar informasi atau mengakses informasi dengan cepat.
Kemajuan teknologi ibarat pisau bermata dua, di satu
sisi ada manfaat yang dapat mempermudah dan memberikan kenyamanan dalam
kehidupan sehari-hari. Namun di sisi lain, jika tidak di waspadai kemajuan
teknologi akan membawa pada berbagai
masalah. Di zaman canggih seperti sekarang bukan hanya kalangan dewasa
saja yang menggunakan alat komunikasi berupa handphone namun sudah banyak peserta didik Sekolah Dasar yang sudah
menggunakan handphone.
Saat ini banyak fasilitas atau hal-hal tertentu yang membuat
peserta didik SD merasa dimudahkan dan nyaman, namun tidak sedikit pula yang
merugikan kehidupan mereka. Adanya teknologi modern seperti internet, ponsel atau
fasilitas game yang terdapat pada handphone
, bisa berdampak dua macam bagi kehidupan remaja yaitu positif dan negatif.
Beberapa pengaruh teknologi terhadap kehidupan dalam hal yang positif ialah
membantu dalam perkembangan pendidikan. Sebagai contoh alat komunikasi,
memiliki pengaruh yang positif bagi perkembangan pendidikan. Terdapat fasilitas
dalam alat komunikasi (smartphone) yaitu Internet bisa menampilkan berbagai
informasi pendidikan yang dibutuhkan oleh pelajar saat ini. Sebagai contoh
lainnya adalah media sosial, karena bisa membantu berkomunikasi lebih mudah
tentang pelajaran dengan teman atau bahkan dengan guru, anak yang menggunakan
alat komunikasi dapat mengembangkan keterampilan teknis yang dibutuhkan di era
digital, memperluas jaringan pertemanan yang mereka jumpai di media sosial.
Selain dampak
positif, alat komunikasi handphone
juga memberikan banyak dampak negatif. Adanya teknologi hiburan seperti perlengkapan
game, atau internet juga bisa membuat
lupa waktu untuk mengerjakan hal hal yang bermanfaat, misalnya belajar atau
beribadah dan membuat waktu untuk belajar berkurang, peserta didik cenderung
lebih meluangkan waktunya untuk menggunakan alat komunikasi handphone dan melihat media sosial yang
menyebabkan lupa waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas sekolah dan
menurunnya hasil belajar. Sudjana (2016,
hlm. 3) mengatakan bahwa hasil belajar peserta didik pada hakikatnya merupakan
perubahan yang terjadi pada peserta didik yang berkaitan dengan perubahan
tingkah laku.
Penggunaan alat komunikasi juga menyebabkan tingkat pemahaman bahasa menjadi
terganggu karena terlalu sering berkomunikasi melalui SMS, telpon atau jejaring
sosial.
Teknologi
memang bisa memperluas sosialisasi, namun bila tidak digunakan dengan benar,
akibatnya malah sebaliknya. Tidak sedikit anak yang lebih suka mengurung diri
dikamar atau menyendiri hanya untuk menikmati suatu teknologi, misalnya
internet, ponsel, atau game yang
sangat digemari saat ini.
Dengan demikian untuk meminimalisis
dampak negatif dari penggunaan alat komunikasi handphone dikalangan peserta didik Sekolah Dasar maka solusi yang
dapat dilakukan oleh orang tua dan guru yaitu pengarahkan peserta didik dalam
menggunakan alat komunikasi handphone
untuk hal-hal yang bermanfaat, selain itu guru bisa membuat peraturan mengenai
penggunaan alat komunikasi berupa handphone
dikalangan peserta didik Sekolah Dasar khususnya kelas tinggi bahwa untuk
tidak menggunakan handphone ketika proses pembelajaran atau peserta didik tidak
diperbolehkan membawa alat komunikasi.
No comments:
Post a Comment
"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"