Sunday 1 April 2018

RPP KELAS 1 TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6 REVISI 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                    (RPP)

Satuan Pendidikan : SDN 
Kelas/Semester       : I (Satu) / 2 (Dua)
Tema                       : 6 (Lingkungan Bersih Sehat dan Asri)
Sub Tema               : 2 (Lingkungan Sekitar Rumahku)
Pembelajaran          : 6 (Enam)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika
Materi Pokok          : Kalimat ajakan, kegiatan yang dilakukan agar lingkungan sehat,
           bentuk-bentuk bidang datar untuk membuat pengubinan
Alokasi waktu        : 5 x 35 Menit (1x Pertemuan)
Hari / Tanggal         : Jumat / 19 januari 2018

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesiaa
Kompetensi Dasar
Indikator
3.8.   Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk. kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.8.1. Peserta didik dapat menemukan kalimat ajakan dengan tepat.
4.8.   Mempraktikkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulisan. 
4.8.1.   Peserta didik dapat memerankan percakapan kalimat ajakan dengan tepat.

   PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator
1.4.   Menerima keberagaman di rumah sebagai anugera Tuhan Yang Maha Esa di rumah
1.4.1.      Peserta didik dapat menerima keberagaman di rumah.
2.4.   Menampilkan sikap kerja sama dalam keberagaman di rumah
2.4.1.      Peserta didik dapat kerja sama dalam keberagaman di rumah
3.4.   Mengidentifikasi bentuk kerjasama dalam keberagaman di rumah
3.4.1.      Peserta didik dapat menuliskan bentuk-bentuk kerja sama dilingkungan rumah
4.4.   Menceritakan pengalaman kerja sama dalam keberagaman di rumah
4.4.1.      Peserta didik dapat menceritakan kerja sama dilingkungan rumah
4.4.2.      Peserta didik dapat melakukan kerja sama dilingkungan rumah

Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator
3.7.   Mengidentifikasi bangun datar yang dapat disusun membentuk pola pengubinan
3.7.1.   Peserta didik dapat menentukan bangun datar yang membentuk pola pengubinan dihedral
4.7.   Menyusun bangun-bangun datar untuk membentuk pola pengubinan
4.7.1.   Peserta didik dapat menyusun berbagai bangun datar yang membentuk pola pengubinan dihedral

       MUATAN BANDUNG MASAGI
       Religius             : Bersyukur atas karunia Tuhan karena mendapatkan tempat tinggal                              yang nyaman.
       Bela Negara      : Mengikuti aturan dalam bekerja kelompok dengan baik.
       Budaya              : Berprilaku laku sesuai dengn tata tertib yang berlaku di sekolah.
       Lingkungan       : Membiasakan menjaga lingkungan rumah, kelas dan sekolah.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan melengkapi teks percakapan, peserta didik dapat menemukan kalimat ajakan dengan tepat.
2.      Dengan membaca teks, peserta didik dapat memerankan percakapan kalimat ajakan dengan tepat.
3.      Dengan membaca percakapan, peserta didik dapat menuliskan kegiatan-kegiatan kerja sama yang dapat dilakukan dalam menjaga kebersihan di lingkungan rumah dengan tepat.
4.      Dengan mengetahui kegiatan-kegiatan kerja sama menjaga kebersihan lingkungan, peserta didik dapat mempraktikkan kegiatan-kegiatan kerja sama dalam membersihkan lingkungan dengan tepat.
5.      Dengan mengamati contoh pengubinan dihedral, peserta didik dapat menentukan bangun datar yang membentuk pola pengubinan dihedral dengan benar.
6.      Dengan mengamati contoh pengubinan dihedral, peserta didik dapat menyusun berbagai bangun datar yang membentuk pola pengubinan dihedral dengan benar.
7.      Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, peserta didik dapat bersyukur atas karunia Tuhan karena mendapatkan tempat tinggal yang nyaman.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
Lingkungan bersih    Lingkungan kotor
·         Kata ajakan
1.      Mari
2.      Ayo
·         Contoh kalimat ajakan
1.      Mari,  kita bekerja bakti membersihkan sampah.
2.      Ayo, kita kubur kaleng-kaleng.
·         Kegiatan-kegiatan bekerja sama dalam membersihkan lingkungan rumah
1.      Bekerja bakti membersihkan sampah
2.      Mengubur kaleng-kaleng bekas
3.      Membersihkan selokan yang tersumbat
·         Kegiatan-kegiatan bekerja sama dalam membersihkan lingkungan sekolah dan kelas
1.      Membuang sampah pada tempatnya
2.      Tidak merusak tanaman yang ada di halaman sekolah
3.      Menjalankan piket di kelas
·         Pengubinan adalah proses menutup suatu permukaan dengan suatu bangun datar sedemikian hingga tidak saling tindih dan tidak terdapat celah. Pengubinan yang menggunakan dua macam bangun dinamakan sebagai pengubinan dihedral.
·         Macam-macam bangun datar
Persegi
Persegi panjang
Segitiga

E.     SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber      : Buku Siswa (Kemendikbud. 2017. Buku Siswa Kelas I Tema 6                                            Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri. Tematik Terpadu Kurikulum                                                 2013 revisi 2017. Halaman 72)
Media        : Gambar-gambar lingkungan yang bersih dan kotor, gambar beberapa                                   pengubinan dihedral, bangun datar dari kertas karton.
Alat           : Gunting dan lem.

F.     METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan    : Saintifik (Scientific)
Model            : Problem Based Learning
Metode          : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, dan Penugasan
Pra PBM        : 3S (Senyum, Sapa, Salam)
Literasi          : Membaca teks “Lingkungan Sekitar Rumah Udin”

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
1.      Guru menyapa peserta didik dan mengondisikan kelas serta mengecek kehadiran peserta didik.
2.      Salah seorang peserta didik diminta memimpin doa.
3.      Guru mengajak peserta didik melakukan tepuk semangat dan meneriakkan yelyel untuk mencairkan suasana.
4.      Peserta didik dan guru menyanyikan lagu Halo-Halo Bandung.
5.      Guru mengingatkan peserta didik tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
6.      Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
7.      Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan memeragakan percakapan, bekerja sama membersihkan lingkungan dan membuat karya pengubinan.
8.      Guru memperlihatkan gambar lingkungan yang bersih dan kotor. Peserta didik berpendapat tentang gambar. Lingkungan seperti apa yang mereka inginkan?
9.      Peserta didik mendapat kesempatan berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan rumah mereka.
15 Menit
2
Inti
1.      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.
2.      Peserta didik membaca teks pada buku. Peserta didik mencoba memahami kalimat yang ada.
3.      Peserta didik melengkapi bagian kosong dalam percakapan dengan kata ajakan. Berikan kesempatan menulis 10 menit.
4.      Peserta didik memeragakan percakapan di depan kelas secara berkelompok.
5.      Setelah semua peserta didik selesai memeragakan teks percakapan, guru meminta peserta didik menyampaikan pendapatnya tentang kalimat ajakan lain yang mungkin digunakan.
6.      Peserta didik mengamati kegiatan-kegiatan kerja sama yang dapat dilakukan agar lingkungan bersih dan sehat.
7.      Peserta didik mempraktikkan kegiatan-kegiatan kerja sama, membersihkan lingkungan di sekolah/kelas.
8.      Peserta didik mengamati bentuk bangun datar pada buku siswa.
9.      Peserta didik menyebutkan bentuk-bentuk bangun datar yang tersedia.
10.  Peserta didik menggunting bangun datar dengan rapi.
11.  Setelah semua bentuk bidang datar tergunting, peserta didik merangkai bentuk bangun datar pada lembar kerja.
12.  Sesudah rangkaian selesai, peserta didik menempelkan bentuk bangun datar menjadi pengubinan dihedral.
13.  Peserta didik memperlihatkan hasil karyanya di depan kelas.
145 Menit
3
Penutup
1.      Guru menanyakan bagaimana perasaan peserta didik setelah mengikuti seluruh kegiatan.
2.      Peserta didik juga diminta melakukan refleksi diri berdasarkan hasil belajar yang mereka rasakan.
3.      Guru memberi kesempatan beberapa peserta didik untuk menyampaikannya.
4.      Peserta didik mendengarkan penjelasan guru beberapa hal yang menjadi catatan evaluasi selama kegiatan belajar berlangsung baik catatan positif maupun negative.
5.      Sebelum berdoa guru mengingatkan tentang hal-hal yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan.
6.      Salah satu peserta didik diminta memimpin doa.
7.      Guru mengucapkan salam penutup.
15 Menit

H.    PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.      Teknik Penilaian
Penilaian Sikap                       : Observasi selama kegiatan menggunakan lembar
                                                 observasi
Penilaian Pengetahuan           : Tes tertulis pada lembar kerja
Penilaian Keterampilan          : Unjuk Kerja

2.      Bentuk Instrumen Penilaian
A.    Penilaian Sikap: Observasi selama kegiatan
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
Keterangan
BT     : Belum Terlihat
MT    : Mulai Terlihat
MB    : Mulai Membudaya
SM    : Sudah Membudaya

B.     Penilaian Pengetahuan
1.      Menuliskan kalimat ajakan
2.      Menuliskan kegiatan yang dilakukan agar lingkungan sehat
3.      Menyebutkan bentuk-bentuk bidang datar untuk membuat pengubinan

             Nilai Akhir (NA) =    x 100



C.    Penilaian Keterampilan
Menuliskan Kalimat Ajakan
Kriteria
Sangat Baik
(86 – 100)
Baik
(71 – 85)
Cukup
(61 – 70)
Perlu Bimbingan
(60)
Isi
Tulisan rapi, tanpa coretan, mudah terbaca, jeda proporsional
Memenuhi tiga kriteria
Memenuhi dua
Kriteria
Memenuhi satu
kriteria
Bahasa
Menggunakan kosakata baku, kalimat efektif, kata tertulis dengan benar, tanda baca tepat
Memenuhi tiga kriteria
Memenuhi dua
Kriteria
Belum memenuhi kriteria
Isi
Sesuai konteks, pilihan kata tepat, struktur kalimat benar, ejaan tepat
Memenuhi tiga kriteria
Memenuhi dua
Kriteria
Belum memenuhi kriteria

Memeragakan Percakan
Kriteria
Sangat Baik
(86 – 100)
Baik
(71 – 85)
Cukup
(61 – 70)
Perlu Bimbingan
(60)
Ekspresi
Mimik wajah dan
gerak tubuh sesuai dengan dialog secara konsisten
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun tidak konsisten
Mimik wajah dan gerakan tubuh sesuai dengan dialog

Monoton, tanpa ekspresi

Volume suara
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
Terdengar
Sampai setengah ruang kelas
Terdengar hanya
bagian depan ruang kelas
Suara sangat
pelan atau
tidak terdengar

Melakukan Kegiatan Membersihkan Lingkungan
Kriteria
Sangat Baik
(86 – 100)
Baik
(71 – 85)
Cukup
(61 – 70)
Perlu Bimbingan
(60)
Penguasaan kegiatan
Peserta didik mengerjakan pekerjaan dengan benar, runut, rapi,
Tuntas
Memenuhi tiga kriteria
Memenuhi dua
kriteria
Memenuhi satu
kriteria
Penampilan
Antusias,
Bersungguhsungguh, menjaga keselamatan, peduli dengan
teman-teman
Memenuhi tiga kriteria
Memenuhi dua
kriteria
Memenuhi satu
kriteria atau
kurang

Menempel Bangun datar yang Membentuk pola Pengubinan Dihedral
Kriteria
Sangat Baik
(86 – 100)
Baik
(71 – 85)
Cukup
(61 – 70)
Perlu Bimbingan
(60)
Menempel
Tidak ada bangun datar yang bertumbuk, semua permukaa tertutup
Bangun datar menumpuk
Bangun datar menumpuk dan permukaan tidak tertutup
Hanya menempel sebagian bagun datar
                                                                        

No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"