Tuesday 7 April 2020

Pembelajaran di Kelas yang Menyenangkan (Tips Guru Kreatif)

Kali ini Ginanetku akan berbagi sedikit tentang cara membuat pembelajara menjadi lebih menyenangkan tentunya tidak monoton, apalagi dalam kurikulum 2013 pembelajaran harus student center bukan lagi teacher center artinya pembelajaran harus berpusat pada siswa dan siswa harus berperan aktif dalam pembelajaran. Siswa harus bisa mencari sendiri materi pembelajaran tidak selalu guru yang harus yang berbicara di depan kelas jadi dapat di simpulkan bahwa guru berperan sebagai fasilitator saja.

Langsung saja kita simak tips dari Ginanetku tentang Pembelajaran di Kelas yang Menyenangkan (Tips Guru)
1. Gunakan metode dan model pembelajaran
Dengan menggunakan metode dan model pembelajaran kegiatan KBM diharapkan akan menjadi lebih menyenangkan dan tidak monoton, dengan menggunakan model dan metode pembelajaran juga akan membuat peserta didik lebih semangat dalam mengikuti proses pembelajaran
2. Tidak sesalu guru yang berbicara
Dalam kurikulum 2013 siswa dituntut harus aktif dalam pembelajaran, artinya pembelajaran harus berpusat pada siswa bukan pada guru.
3. Menggunakan media pembelajaran
Media berfungsi untuk membantu proses penyampaian materi agar lebih mudah dipahami oleh siswa, dengan menggunakan media pembelajaran akan membuat proses penyampaian materi lebih mudah.
4. Sesekali menggunakan game
Dengan mengaplikasikan game/permainan dalam pembelajaran akan membuat siswa tidak jenuh dengan meteri pembelajaran yang akan dipelajari, dengan demikian proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.
5. Mengubah suasana kelas
Beberapa minggu/bulan sebaiknya suasana kelas dirubah, seperti merubah posisi tempat duduk memindahkan properti lain seperti lemari, rak buku, rak sepatu. Menguah suasana kelas bertujuan agar menciptakan suasana baru dalam kelas.

No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"