Thursday 18 June 2015

Cara Mendaur Ulang Sampah Plastik Menjadi Barang yang Berguna


Sampah merupakan masalah yang susah diatasi, apalagi di kota-kota besar yang padat dengan permukiman, sampah bukan hanya berasal dari permukiman penduduk tetapi juga berasal dari pabrik-pabrik industri, banyak sekali dampak negatif yang diakibatkan oleh sampah seperti tersumbatnya sungai-sungai yang menyebabkan sungai meluap dan banjir, tercemarnya kesuburan tanah karena banyak sampah sehingga mengakibatkan sulitnya tanaman untuk tumbuh hal tersebut juga akan mengakibatkan banjir karena tidak ada akar tumbuhan yang menyerap air dalam tanah, limbah dari pabrik seperti bubur sisa dari proses pengolahan, padatan, dan lumpur bisa mengakibatkan pencemaran udara yang menyebabkan bau disekirnya hal tersebut diakibatkan dari adanya campuran bahan kimia yang kemudian menghasilkan gas tertentu.
Sampah dibagi menjadi dua yaitu sampah organik dan sampah anorganik, berikut penjelasannya:
1.      Sampah Organik
Sampah organik merupakan sampah yang bisa diuraikan oleh mikroorganisme, sehingga pembusukannya lebih mudah dan cepat, contohnya seperti limbah dapur (sayuran, kulit buah-buahan, dan sisa-sisa makanan).
Untuk menanggulangi sampah organik kita bisa membuatnya menjadi kompos atau pupuk organik.

2.      Sampah Anorganik
Sampah anorganik merupakan sampah yang sulit diuraikan oleh mikrroganisme, yang menyebabkan proses pembusukkannya membutuhkan waktu yang sangat lama, sampah anorganik seperti plastik, botol plastik, kresek dan kaleng minuman bisa di atasi dengan cara mengubur sampah anorganik tersebut atau dengan cara dibakar, namun saat proses pembakaran sampah akan mengakibatkan permasalahan baru yaitu pencemaran udara yang disebabkan oleh kepulan asap dari pembakaran tersebut. Maka dari itu kita perlu mencari cara lain untuk menanggulangi sampah plastik tersebut, kita bisa mengolah sampah plastik tersebut dengan cara mengolahnya menjadi barang yang berguna atau bahkan dapat bernilai jual, maka dari itu saya akan berbagi ilmu tentang cara mendaur ulang sampah plastik menjadi sebuah hiasan atau kerajinan tangan.

Nah, setelah kita membahas tentang masalah yang ditimbulkan oleh sampah, mari kita coba untuk mendaur ulang sampah menjadi barang yang dapat berguna.
Pertama-tama siapkan alat dan bahan:
1.      Aqua gelas plastik
2.      Gunting
3.      Lilin
4.      Cat dan kuas
5.      Lidi
6.      Botol bekas minuman big cola ukuran besar
7.      Batu-batu kerikil

Cara membuat
1.  Bersihkan sampah gelas plastik tersebut.
2.  Bentuk sampah plastik dengan pola bunga seperti pada gambar dibawah ini.
3.  Beri lubang pada bagian bawah gelas dengan cara melubanginya menggunakan gunting atau paku, lubang ini nantinya akan digunakan untuk memasukan lidi sebagai batang bunga.
4.  Tempelkan plastik seperti gambar dibawah ini, menempelkannya bisa dengan menggunakan jarum yang sudah dipanaskan dengan lilin.
5.  Kemudian lakukan pengecatan pada plastik, pengecatan bisa dilakukan sebelum membentuk pola atau sesudah membentuk pola. Lakukan cara diatas berulang kali hingga menghasilkan banyak bunga plastik, untuk lebih indan sebaiknya ukuran bunga dibedakan (ukuran kecil, sedang dan besar)
6.  Pasang lidi sebagai tangkai bunga pada lubang yang telah kamu lubangi dengan gunting atau paku.
7.  Pasang pola daun, kemudian cat dengan warna hijau, untuk bagian bawah plastik yang akan dibuat pola daun terlebih dahulu dilubangi menggunakan gunting atau paku seperti yang telah dilakukan sebelumnya. Tempelkan dibawah bunga seperti pada gambar.
8.  Untuk pot bunga bersihkan botol big cola ukuran besar, gunting bagian tutup botol seperti pada gambar. Agar lebih indah kamu bisa memberi warna cat yang bewarna cerah dan bisa menghiasinya dengan kain flanel.
9.  Untuk keseimbangan, isi pot dengan kerikil-kerikil kecil lalu rangkai bunga-bunga yang sudah dibuat pada pot. Nah untuk putik bunga kamu bisa membelinya ditoko kancing baju, lalu tempelkan dibagian atas lidi dengan menggunakan solatip bening.
10.  Demikian cara mendaur ulang sampah plastik sehingga menjadi kreasi yang bagus, tentunya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memanfaatkan sampah yang sulit diuraikan ini. Selamat mencoba. 






7 comments:

  1. Wah senang rasanya kalau ada juga person yang peduli dengan pengolahan sampah menjadi barang berguna. Anyway saya juga mau ikutan share ide untuk mengubah sampah menjadi instalasi bernilai seni tinggi.

    http://citragrandcity.com/wow-mengubah-sampah-menjadi-barang-seni/#

    mudah2an bisa menjadi inspirasi juga ya :D

    ReplyDelete
  2. iya terimakasih jessica ananda, semoga semakin banyak yang peduli terhadap sampah, dan semoga postingan ini bisa berguna bagi pembaca lainnya

    ReplyDelete
  3. Sebelumnya Terima kasih Atas Info yang anda berikan.
    Semoga Sukses Selalu :)

    ReplyDelete
  4. Sebelumnya Terima kasih Atas Info yang anda berikan.
    Semoga Sukses Selalu :)

    ReplyDelete
  5. Keren, Min. Ini baru lifehacks.
    :D

    ReplyDelete
  6. terimakasih ilmunya mbak Regina, semoga sukses selalu.

    ReplyDelete

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"