Monday 29 June 2015

Madu Termahal di Indonesia

Tidak asing lagi ditelinga kita tentang madu kan? Madu adalah satu-satunya olahan dari serangga yang dapat dimakan oleh manusia, Madu mempunyai banyak manfaat diantaranya madu bisa kita jadikan sebagai obat, madu mempunyai kandungan gizi yang tinggi dan madu merupakan jenis minuman yang tidak mempunyai batas kadaluarsanya, tips dari saya sebaiknya simpan madu ditempat yang tertutup.
Madu hutan Pelawan (Bangka) wah wah wah... adalah madu termahal se-Indonesia. Mengapa madu ini bisa menjadi madu termahal di Indonesia? tentu saja karena cara mendapatkan madu ini pun cukup sulit, selain harus bisa memanjat pohon yang tingginya bisa mencapai 20-30 meter, mencari madu hutan pelawan juga harus tenang dalam menghadapi beribu-ribu koloni lebah yang siap menyenget apabila kita tidak hati-hati.

Namun, taukah kamu cara mengatasi beribu-ribu koloni lebah bisa diatasi dengan menyiapkan daun lalu membakarnya dan memanfaatkan asap dari pembakaran tersebut, metode pengasapan ini sangat ampuh untuk mengusir lebah sementara waktu, minimal setengah jam asap harus tetap mengepul di area madu tersebut, kepulan asap-asap ini bertujuan untuk mengusir lebah agar pergi.

Kelebihan dari madu ini yaitu, madu hutan palawan hanya bisa satu kali dipanen dalam setahun, Kadar air dari madu hanya 18% dan sisa nya merupakan kumpulan dari sari-sari yang disebut madu, sarang madu bisa langsung di olah, itu lah yang menjadi sebab mengapa madu hutan pelawan menjadi madu termahal di Indonesia.

Baca juga Tradisi Unik Ketika Sahur

No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"