Thursday 18 June 2015

Tradisi Unik Ketika Sahur


Alhamdulillah kita telah bertemu Ramadhan di tahun ini, semoga kita bisa beribadah di bulan yang suci ini dengan baik. Nah sering kita dengar yang dilakukan oleh masyarakat ketika sahur, kegiatan itu biasa dinamakan dengan ‘’Tek-tek sahur di Ramadhan” ini merupakana kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat dengan berkeliling komplek atau rumah-rumah warga, kegiatan ini bertujuan untuk membangunkan warga-warga lain untuk melakukan ibadah sahur.

Kegiatan tek-tek sahur ini dilakukan dengan cara memukul kentongan dan berteriak sahur..... sahurr... sahurr... sahurrr, bahkan terkadang ada yang menggunakan bedug yang didorong memakai gerobak, seru deh pokoknya sambil berteriak sahur... sahur.. sahur dan dengan suara bunyi bedug dan kentongan sudah pasti yang tertidur akan segera bangun dan bersiap untuk melaksanakan ibadah sahur.

Dengan adanya kegiatan ini selain bertujuan untuk membangunkan warga-warga lain juga untuk meramaikan suasana sahur, bagaimana tidak jika terdengar tabuhan-tabuhan bunyi bedug diluar rumah, saya rasa suasana bulan ramadhan akan semakin terasa. Namun karena sudah kemajuan zaman tradisi unik ini sudah hampir terlupakan hanya di beberapa daerah saja yang masih melakukannya.


No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"