Sunday 28 June 2015

Ketahui Potensi Anak Sejak Dini


Anak merupakan buah hati seorang ibu, orang tua harus bisa menjadi pembimbing yang baik bagi sang buah hati. Banyak orang tua yang menginginkan buah hatinya multitalenta dengan cara memasukannya kesanggar tari, les musik, les tari, les bahasa inggris atau les mata pelajaran lainnya, cara ini tentunya untuk mengembangkan potensi anak sejak dini.
Namun perlu kita ketahui tidak semua keahlian  akan dikuasai oleh sang buah hati, misalnya ada anak yang kurang pandai dalam bidang study matematika namun dia sangat pandai pada bidang study bahasa inggris, atau anak yang pandai di semua mata pelajaran namun dia tidak memiliki keahlian dibidang lain, atau bahkan sebaliknya anak yang kurang pandai dalam mata pelajaran namun memiliki keahlian yang luar biasa di bidang olahraga/musik.

Nah, sudah jelaskan bahwa setiap anak akan memiliki kemampuan yang berbeda-beda maka dari itu orang tua harus benar-benar bisa mengenali potensi yang dimiliki oleh anak. Orang tua jangan memaksakan apa yang anak tidak suka tapi lebihlah untuk bisa mendalami bidang yang dia suka, misalnya jika anak sangat gemar dalam bidang musik maka untuk lebih menggali potensinya orang tua harus bisa mendukung dan memfasilitasi sang anak dalam mengembangkan kemampuannya dengan cara mendaftarkannya kursus alat musik atau dengan cara memfasilitasi macam-macam alat musik agar anak lebih leluasa dalam mengembangkan bakatnya.

Cara mengembangkan potensi anak juga bisa dilakukan ketika anak memiliki keinginan, misalnya saja ketika anak ingin membeli sesuatu, maka orang tua bisa mengarahkannya agar sang anak membeli sesuatu yang bisa berguna untuk mengembangkan bakatnya.

Menggali potensi anak sejak dini sangatlah penting, karena semakin cepat potensi dan bakat anak digali dan dikembangkan maka akan semakin menguntungkan untuk pihak-pihak seperti orang tua, guru dan tenaga pendidik lainnya.

No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"