Tuesday 16 June 2015

Apa Saja Sih Penyebab dari Jerawat? Dan Bagaimana Cara Mencegahnya?


Biasanya jerawat muncul pada anak remaja bagi wanita jerawat merupakan hal yang sangat mereka tidak suka, Nah dan biasanya jerawat muncul mada masa-masa pubertas biasanya antara umur 12 tahun hingga 16 tahun, khusus untuk remaja putri biasanya jerawat muncul sebelum haid dan jerawat sering terjadi pada jenis kulit yang berminyak. Bagi remaja pria bukan berarti akan terhindar dari jerawat, jerawat juga bisa disebabkan oleh debu-debu yang menempel di wajah.
Nah, lalu apa sih yang di sebut dengan jerawat sendiri, untuk itu mari kita sedikit membahas tentang  proses dari adanya jerawat di wajah kita:

Yang pertama awalnya lapisan didalam pori-pori wajah akan menebal, itu akan menyebabkan sebum sulit keluar, sebum yang terjebak itu kemudian akan tertutup oleh pori-pori hal ini akan menyebabkan bakteri bisa hidup didalamnya. Bakteri yang terjebak tersebut lama-kelamaan akan menyebabkan infeksi. Jika infeksi tersebut semakin bertambah buruk maka akan muncul jerawat pada wajah kita. Hmmmm tidak pastinya kita tidak mau hal itu terjadi.
Agar terhindar dari jerawat dan mempunyai kulit wajah yang bersih, tentunya kita harus mengetahui masala-masalah penyebab dari jerawat.
Saya akan membahas 2 masalah jerawat yaitu masalah dari luar tubuh dan dari dalam tubuh.
1.      Masalah dari luar tubuh.
·         Debu dan kotoran.
Aktifitas kita yang padat seperti berkendara motor dan bekerja diluar ruangan akan menyebabkan kulit wajah kita kontak langsung dengan debu-debu dan kotoran, jika kita tidak merawatnya dengan baik itu akan menyebabkan kulit wajah menjadi kusam dan berjerawat.
·         Pemakaian kosmetik
Dalam memilih kosmetik kita harus benar-benar cermat menyesuaikan kosmetik dengan jenis kulit kita.
2.      Penyebab dari dalam tubuh.
·         Kurang tidur, jangan salah loh kurangnya istirahat juga bisa membuat kita berjerawat.
·         Makan-makanan yang berminyak dan terlalu banyak makan-makanan yang manis.
·         Hormon yang tidak seimbang, biasanya terjadi pada anak remaja yang sedang mengalami masa pubertasnya.
·         Stres, yang di akibatkan terlalu banyak fikiran, banyak tugas sekolah, banyak pekerjaan yang akan menjadikan kita stres juga bisa memicu timbulnya jerawat di wajah.
Nah untuk selanjutnya saya akan sedikit membahas tentang tips cara pencegah jerawat.
1.      Yang pertama kita harus rajin mencuci muka minimal 2x sehari, dengan mencuci muka kotoran-kotoran di wajah akan terbersihkan.
2.      Olah raga secara teratur dan istirahatlah yang cukup,misalnya berolah raga di pagi hari, bersepeda dan olah raga lainnya. hal ini juga akan mengurangi kita dari kelelahan dan bisa membuat kita lebih fresh sehingga kita tidak mudah stress.
3.      Perbanyaklah mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.
4.      Untuk yang terakhir, jika jerawat muncul jangan pernah memijit jerawat dengan tangan, selain karena kondisi tangan yang belum tentu steril, jika tangan kotor maka akan menyebabkan jerawat terinfeksi, jerawat yang dipencet juga akan menyebabkan radang dan akan meninggalkan bekas di kulit wajah.

Cukup sekian tips merawat kulit wajah dari jerawat semoga bisa membantu bagi kalian para pembaca.



No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"