Tuesday 30 June 2015

Cegah Mata Minus Tidak Bertambah dan Sembuh Secara Perlahan


Bagi kamu yang matanya minus sebaiknya baca postingan ini :) mata minus memang sulit dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk kembali normal tapi meskipun demikian setidaknya kita harus berusaha minimal minus kita tidak bertambah juga sudah alhamdulillah kan. Orang yang matanya minus mempunyai bola mata yang lebih panjang dari mata yang normal, sehingga fokus mata tidak tepat pada retina.

Nah sebelumnya admin sudah memposting Ingin Terhindar dari Mata Minus? sekarang dipostingan kali ini saya akan memposting tentang ''Mencegah Agar Mata Minus Tidak Bertambah dan Sembuh Secara Perlahan", Caranya sangat mudah dan bisa kita lakukan sendiri. Langsung saja ya pada point-point yang bisa kita lakukan diantaranya:

1.  Mengonsumsi makanan yang sehat
Yang pertama kita harus benar-benar memperhatikan asupan makanan, mengonsumsi makanan yang sehat dapat membantu untuk menutrisi mata agar bisa berfungsi dengan normal.
Makanan yang sehat diantaranya ikan salmon karena ikan salmon mengandung Omega 3, alpukat, kol, bayam, wortel, tomat dan banyak lagi.

2. Mengonsumsi sari dari buah bit, belimbing dan wortel.
Kamu bisa membuat jus buah bit, belimbing dan wortel, ketiga buah ini sangat baik untuk kesehatan mata, caranya yaitu dengan dibuat jus dan sebaiknya tidak menggunakan air terlalu banyak cukup tambahkan air sedikit saja ya! usahakan sari-sari buah mengandung 1/4 dari gelas, kamu bisa mengonsumsi jus ini setiap pagi dan sore, yang pertama minum jus buah bit yang manis, jus wortel dan terakhir jus belimbing.

3. Tidak sering makanan dan minuman berikut
  1. Kopi
  2. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gula seperti es krim, permen dan lainnya
  3. Gorengan
karena makanan yang mempunyai nutrisi yang baik adalah makanan yang sehat, maka jagalah konsumsi makanan dengan baik ya.

4. Berjemur dan berolah raga
Sinar matahari di pagi hari merupakan sumber vitamin D yang alami yang baik untuk kesehatan mata, maka dengan berjemur merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk kesehatan mata yaitu dengan cara menutup mata dan arahkan mata pada sorot matahari lakukan hal ini hingga kelopak mata terasa hangat.
Selanjutnya bisa dengan cara berolah raga, gerakan olah raga dapat membuat peredaran darah menjadi lancar, namun untuk yang mempunyai minus mata di atas -5 sebaiknya tidak melakukan olah raga yang terlalu berat.

5. Kompres mata dengan air hangat
Cara selanjutnya sangat sederhana dan mudah, kamu bisa mengompres mata dengan mengunakan handuk bersih yang sudah direndam di air hangat lalu tempelkan pada mata dan lakukan hingga berulang kali, cara ini bisa membuat mata menjadi rileks sehingga urat-urat merah pada bola mata akan hilang.

6. Mengeluarkan air mata
Tahukah kamu ternyata keluarnya air mata bisa membantu membersihkan mata dan mengeluarkan kotoran mata, kamu bisa melakukannya dengan cara terapi lilin caranya kamu cukup memandang api pada lilin tanpa berkedip hingga mata mengeluarkan air mata, cara ini bisa kamu lakukan sebanyak 4x dalam seminggu.

7. Mengganti objek pandangan mata
Untuk kamu yang sering bekerja lama didepan komputer atau asik menonton TV dengan waktu yang cukup lama sebaiknya hilangkan kebiasaan tersebut karena itu akan membuat mata menjadi kaku. Sesekali haruslah mengganti objek pandangan mata yaitu dengan cara sesekali memandang objek yang jaraknya jauh, kamu bisa memandang keluar jendela, yang penting tidak monoton depan leptop ya :)

8. Sesekali lepaskan kaca mata jika tidak diperlukan
Agar mata kita tidak kaku dan tidak ketergantunga pada kaca mata sebaiknya lepas sesekali kaca mata, coba saja jika kita menggunakan kaca mata kita tidak begitu bebas menggerakan bola mata, kita akan sering menggerakan leher untuk memandang kesegala arah, haduhhh kaca mata memang jadi penghalang mata yaaa. Nah meskipun kamu sangat memerlukan kaca mata untuk aktivitas sehari-hari namun ada baik nya melepas sesekali kaca matanya.

9. Senam mata
Cara yang terakhir yaitu dengan melakukan senam mata, lakukan hal berikut:
  1. Pejamkan mata
  2. Lihat ke kanan dan kekiri
  3. Pejamkan mata
  4. Lihat ke atas dan kebawah
  5. Pejamkan mata
  6. Lihat ke kanan atas dan ke kiri bawah
  7. Pejamkan mata
  8. Lihat ke kiri atas dan ke kanan bawah
  9. Memutarkan pandangan mata searah jarum jam dan sebaliknya
  10. Lihat benda yang jaraknya jauh dan lihat ujung hidung, lakukan secara berulang.
Sekian dan semoga bermanfaat :)



No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"