Thursday 25 June 2015

Hadapi Masa Tua dengan Hidup Sehat


Seiring bertambahnya usia maka masalah-masalah pada kesehatan pun akan semakin bermunculan.
Kita memang tidak bisa menghindari masa tua, tapi setidaknya kita harus bisa sedikit meminimalisir masalah-masalah tersebut,

1.      Perubahan warna rambut
Dengan bertambahnya usia maka perubahan warna rambut atau sering disebut dengan uban sering terjadi, hal tersebut selain dikarenakan bertambahnya usia juga bisa dikarenakan oleh faktor genetik, pemakaian hair drayer, cat rambut (harus benar agar tidak teriritasi), paparan sinar matahari, stress.
2.      Tulang keropos
Sering kita sebut dengan osteoporosis (pengeroposan tulang) juga sering terjadi pada mereka yang sudah berusia lanjut,  pengeroposan tulang lebih berpotensi pada wanita karena hormon estrogen. Cara mengatasi agar tidak terkena osteoporosis bisa dengan cara berjemur dibawah sinar matahari karena  sinar matahari merupakan sumber vitamin D alami.

3.      Pikun
Seiring dengan bertambahnya usia daya ingat pun akan semakin menurun atau sering kita sebut dengan pikun.

4.      Terserang berbagai penyakit
Bukan berarti di usia muda tidak akan terserang penyakit, muda atau tua bisa berpotensi terserang penyakit, apabila tidak melakukan pola hidup yang baik.

Nah, untuk itu kita harus bisa menjaga kesehatan, agar kita bisa tetap sehat

1.      Menjaga kesehatan kulit
Cara menjaga kesehatan yang pertama yang akan saya jelaskan yaitu menjaga kesehatan kulit, baik itu kulit bagian luar atau bagian dalam, merawat kulit bisa dengan cara rutin memakai sunblock apabila ingin pergi keluar rumah dan menggunakan sabun wajah sesuai dengan jenis kulit.

2.      Jaga pola makan agar tetap seimbang
Makanan yang masuk kedalam tubuh harus yang benar-benar bergizi, seperti sayuran dan buah-buahan, Nah kita juga bisa memproduksi ikan karena ikan mengandung omega 3 yang berguna untuk memperbaiki sel-sel tubuh.

3.      Dipijat
Aktivitas yang padat bisa membuat kita stress karena kurangnya istirahat dan refresing, kita bisa refresing dengan cara dipijat. Dipijat akan memberi kelancaran pada aliran darah.

4.      Jangan malas bergerak
Olahraga sangat penting bagi kesehatan, kita harus rutin melakukan olah raga seperti bersepeda, berjalan dan olahraga lainnya.

5.      Tersenyum
Cara menjaga kesehatan yang lainnya yaitu tersenyum, hadapi semua masalah dengan santai dan sabar untuk mengatasinya agar tidak terlalu menjadi beban pikiran.


No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"