Tuesday 16 June 2015

Tips Bagi Mahasiswa Baru Memulai Kuliah dengan IPK Bagus


Hai sobat.... selamat bagi kalian yang sudah lulus dalam UN tahun ini, bagaimana dengan Universitas favorit kamu? Apakah diterima atau masih deg-degan menunggu pengumuman kelulusan?
Bagi yang sudah diterima di Universitas favoritnya masing-masing saya ucapkan selamat, namun bagi yang belum beruntung jangan sedih masih banyak Universitas yang bisa menerima kamu.

Nah bagi kalian yang sudah siap-siap mau masuk dunia perkuliahan jangan kaget karena di dunia perkuliahan berbeda dengan saat kita masih menjadi OSIS di SMA/SMK sederajat kita masih bisa berleha-leha pulang sekolah mampir dulu main. Di kuliah pun kita masih bisa demikian namun sedikit lebih serius dan lumayan juga sih persaingannya, apalagi dengan tugas yang numpuk dan jadwal ngampus yang tekadang dari pagi hingga sore, huff lumayan lelah sih, tapi bakal sebanding ko sama hasil yang diperoleh jika kalian kelak akan lulus wisuda dengan IPK yang bagus, apalagi bagi kalian yang kuliah diluar kota, sudah jauh-jauh study ke luar kota, biaya kos yang mahal, dan biaya hidup yang mahal, maka sebaiknya serius deh dalam study nya! Yaaaa semoga aja nanti kita bisa membanggakan kedua orang tua kita, Amin

Selain serius dalam tugas-tugas perkuliahan, tentunya kita harus lebih serius dalam menghapai Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS), setiap Universitas pasti berbeda-beda mengenai cara penilaiannya, namun biasanya dalam meraih IPK yang tinggi kita harus bisa meraih nilai bagus dalam nilai tugas, UAS, UTS, dan presentase kehadiran.
Dalam pengisian UTS dan UAS kita harus benar-benar memperhatikan petunjuk di soal, misalnya jika ada petunjuk harus mengisinya dengan singkat, jelas dan tulisan yang rapih kita harus mengikuti perintah tersebut, berarti kita harus mengisinya dengan jawaban yang sangat tepat tidak dengan kalimat yang berbelit-belit.

Namun terkadang juga kita dituntut untuk benar-benar bisa memaparkan soal sejelas mungkin, semakin banyak kita mengisi semakin bagus juga nilainya, mungkin jika demikian dimaksudkan agar kita dituntut untuk memiliki wawasan yang luas dalam mengisinya.
Biasanya nilai akan lebih bagus jika kalimat yang kita rangkai dalam mengisi soal merupakan kata-kata sendiri tapi ingat bukan mengisi dengan asal-asalan yaa, inti dari yang kita paparkan harus tetap sesuai dengan kebenaran yang telah disampaikan dosen atau sesuai dengan buku.
Sekian postingan dari saya semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang akan melanjutkan study kejenjang yang lebih tinggi.

No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"